ANALISIS PREDIKTOR RESILIENSI AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA di KOTA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiliensi akademik siswa Sekolah
Menengah Pertama. Penelitian ini juga bertujuan utnuk mengetahui hubungan
antara variabel yaitu kualitas hubungan siswa-guru, pengasuhan orang tua, self
regulasi dan religiusitas dengan variabel resilensi akademik, serta mengetahui
hubungan variabel prediktor terhadap resiliensi akademik siswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, yang akan melibatkan beberapa
penelitian dan pengukuran variabel. Subyek penelitian ini adalah siswa Sekolah
Menengah Pertama di daerah pingiran kota Surabaya tepatnya di wilayah
kecamatan Mulyorejo dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive random sampling. Hasil analisis data diperoleh hasil R = 0.429, F =
11.816 dan p = 0.000, maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama ada
korelasi yang sangat signifikan antara variabel Kualitas Hubungan Guru-Siswa,
Regulasi Diri dan Religiusitas dengan Resiliensi Akademik pada siswa.