Pengaruh Kecemasan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surabaya

Authors

  • Nur Laely Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Awang Setiawan Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Noer Suci Endah Puspitaningrum Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4566

Keywords:

Psikologi, Kecemasan Akademik, Prestasi Belajar

Abstract

Siswa yang mengalami kecemasan yang disebabkan karena tekanan akademik yang bersumber dari proses belajar mengajar atau hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar biasa disebut kecemasan akademik.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecemasan akademik terhadap prestasi belajar. Variabel kecemasan akademik dalam penelitian ini diukur menggunakan Skala Kecemasan Akademik sedangkan prestasi belajar menggunakan hasil belajar yang didapatkan oleh siswa selama satu semester. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 394 siswa, kemudian untuk menentukan jumlah sampel menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh jumlah sebanyak 198 siswa tetapi pada identifikasi akhir mendapatkan responden penelitian sebanyak 167 orang dengan kategori seluruh siswa kelas X MIPA dan IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan akademik berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,023 atau dengan kata lain sebesar 2,3% dari kecemasan akademik mempengaruhi prestasi belajar. Subjek pada penelitian ini yang mengalami kecemasan paling banyak berada pada kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 129 siswa. Kemudian siswa dengan prestasi belajar cukup memperoleh frekuensi paling banyak yaitu sebesar 155 siswa.

References

Anas Sudiyono. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13 (2): 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572
Arifin. (2018). Meningkatkan hasil belajar dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir. Journal of Materials Processing Technology, 1 (1): 1–8. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001
Barseli, eat al. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5 (03): 14.
Benjamin S. Bloom, et. al. (1956). Taxonomy of Educational Objective. Handbook I: Cognitive Domain.
Christian, J. (2017). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dan Prestasi Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Denpasar. Denpasar: Universitas Udayana.
Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. JURNAL SOSIAL :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21 (3): 53–56. (https: doi.org/10.17509/e.v1i3.26978)
Dahlan, Saronji. (2008). Seribu Pena Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga
Darmawati, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1 (1): 79. ( https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90)
Ekawati, A. (2015). Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal PendidikanMatematika, 1 (3) (https://doi.org/10.24034/02013211264-0-00)
Halim, F. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri Terhadap
Kecemasan Belajar Mahasiswa Pendidikan Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2 (2): 129–146. (https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5222)
Hartley, C. A., & Phelps, E. A. (2012). Anxiety and Decision-Making. Biological Psychiatry, 72 (2):113–118. (https://doi:10.1016/j.biopsych.2011.12.027).
Matthews, G., Davies D.R., Westerman, S.J, Strammers, R.B. (2000). Human Performance Cognition, Stress and Individual Differences. Philadelphia: Psychology Press.
Misra, R. & McKean, M. (2000). College Student's Academic Stress and It's Relation to Their Anxiety, Time Management, and Leisure Satisfaction. American Journal of Health Studies.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
O’Connor, M. C., & Paunonen, S. V. (2008). Big Five Personality Predictors of Post-Secondary Academic Performance. Personality and Individual Differences, 43 (1).
Ottens, A.J. (1991). Coping with Academic Anxiety. New York: The Rosen Publishing Group.
Prawitasari, E. J. (2012). Psikologi Terapan Melintas Batas Disiplin Ilmu. Jakarta: Erlangga.
Sadock, B. J., & Saddock, V. A. (2005). Kaplan and Sadock’s Comprehensive Textbook of Psychiatry, In Psychiatry: Interpersonal and Biological Processes.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Setyohutomo, I. A. (2014). Hubungan Kecemasan Akademis Dengan Perilaku Menyontek Di SMA Negeri 7 Surakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2 (2). (https://doi.org/10.24062/02013211326-0-00)
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi-nya. Jakarta: Rineka Cipta.
Solihah, F. (2017). Pengaruh Tingkat Kecemasan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 12 Surabaya. e-Journal Pendidikan Sejarah, 5 (3). (https: doi.org/10.17509/e.v1i3.26978)
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta : Alfabeta
Syah, Muhibbin. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Valiante, G. dan Pajares, F. (1999). The Inviting/Disinviting Index: Instrument Validation and Relation to Motiation and Achievement. Journal of Invitational Theory and Practice, 6: 28–47.
Vivin, V. (2019). Kecemasan dan Motivasi Belajar. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, 8 (2): 240–257. (https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2276)
Winkel, WS. (2015). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Winkel, W. & S. H. (2015). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Yanti, S., Erlamsyah, E., & Zikra, Z. (2013). Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, 2 (1): 283–288. (https://doi.org/10.24036/02013211242-0-00)
Zavera, D. F. (2018). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dengan Prestasi Akademik Mahasiswa di Kota Bandung. Fokus (Kajian Bmbingan dan Konseling dalam Pendidikan), 1 (3): 111–116. (https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5354)

Downloads

Published

2022-09-12

How to Cite

Laely, N., Wicaksono, A. S., & Puspitaningrum, N. S. E. (2022). Pengaruh Kecemasan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surabaya. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 17(1), 64–72. https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4566

Issue

Section

Original Research

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.