Kemampuan Empati Dan Kesejahteraan Di Sekolah Pada Siswa Kelas 7

  • Eka Novia Harwatiningsih Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Rahma Widyana Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Narastri Insan Utami Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Kesejahteraan di sekolah merupakan hal yang penting dimiliki oleh setiap siswa. Perasaan sejahtera di sekolah dapat memberikan efek positif pada proses pembelajaran dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan empati dengan kesejahteraan di sekolah pada siswa SMP kelas 7. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara kemampuan empati dengan kesejahteraan di sekolah pada siswa SMP kelas 7. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 75 orang yang memiliki karakteristik siswa atau siswi SMP kelas 7 di SMP X. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat ukur Skala Kemampuan Empati dan SkalaKesejahteraan di sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0,436 dengan p < 0,01. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan empati dengan kesejahteraan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
HARWATININGSIH, Eka Novia; WIDYANA, Rahma; UTAMI, Narastri Insan. Kemampuan Empati Dan Kesejahteraan Di Sekolah Pada Siswa Kelas 7. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 69-79, sep. 2022. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/4542>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v16i1.4542.
Section
Original Research