Regulasi Emosi Dan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4557Keywords:
Regulasi Emosi, , Perilaku Cyberbullying, RemajaAbstract
Remaja merupakan pengguna media sosial yang aktif dan rentan mengalami atau melakukan tindakan cyberbullying. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan cyberbullying salah satunya kemampuan meregulasi emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku cyberbullying pada remaja.. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara regulasi emosi dengan perilaku cyberbullying. Metode pengumpulan data menggunakan Skala regulasi emosi dan Skala perilaku cyberbullying. Penelitian ini menggunakan teknik analisisis korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data menghasilkan nilai korelasi sebesar (r) = -0.247 (p < 0,027). Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan negatif antara regulasi emosi dengan perilaku cyeberbullying. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima.
References
Greenberg, L.S. & Stone . (2002). Emotion-focused therapy: Coaching clients to work through their feelings. Washington: DC: American Psychological Association.
Gross. (2014). Handbook of Emotional Regulation second edition. Newyork.
Gross J.J & John. (2003). Individual Differences in Two Emotion RegulationProcesses: Implications for Affect, Relationships, and Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology(85), 348-363.
Gross JJ & John. (2003). Individual Differences in Two Emotion Regulation Processes : Implication for Affect, Relationship, and Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology, 85(2), 349-362.
Hamer, A. H., & Konijn, E. A. (2015). Adolescents. Media Exposure May Incease their Cyberbullying Behavior: a longtidinal study. Journal of Adolescent Health, 56(2), 203-208.
Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2013). Social Influences on Cyberbullying Behaviors Among Middleand High School Students. Journal of Youth and Adolescence.
Kowalski, M. R., Limber, P. S., & Agatson, W. P. (2008). Cyberbullying: Bullying in the Digital Age. Malden: MABlackwell Publishing.
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosio Teknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nguyen, N. (2018). Penting Cyber Security Handbook.
Noviyanti. (2019). Perkembangan Teknologi Komunikasi. Sejarah, Dampak dan Contohnya.
Permatasari. (2012). Fenomena Cyberbullying Pada Siswa SMA (Lima SMA di Kota Yogyakarta). Skripsi.
Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor. Seven Essential Skills for Overcoming Life’s Inevitable Obstacle. Nevada: Broadway Books..
Willard, N. (2005). Cyberbullying and Cyberthreats. Washington: U.S: Department of Education.