HA HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP BRAND MINDED DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

  • Fitriya Manjasari

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang hubungan antara gaya hidup brand minded dengan kecenderungan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara gaya hidup brand minded dengan kecenderungan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif angkatan 2015 kelas sore Universitas Muhammadiyah Gresik. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert dengan 4 (empat) pilihan jawaban. Validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity). Uji Reliabilitas skala menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS 18.0  for Windows.Teknik analisis data menggunakan korelasi Regresi Sederhana dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan rhitung=0,896 lebih besar daripada rtabel yaitu sebesar 0,148 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil koefisien(r2)=0,802 menginformasikan bahwa sumbangan variabel tingkat gaya hidup brand minded terhadap tingkat kecenderungan perilaku konsumtif pada mahasiswa sebesar 80,2%. Sedangkan sisanya 10,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara gaya hidup brand minded dengan kecenderungan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik .

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 16, 2017
How to Cite
MANJASARI, Fitriya. HA HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP BRAND MINDED DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 9 - 20, feb. 2017. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/143>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Original Research