Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Belanja Pakaian Online Pada Mahasiswi

Authors

  • Mazidatus Salamah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i1.4537

Keywords:

Perilaku Konsumtif, Kontrol Diri, Mahasiswi

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan kontrol diri dengan perilaku belanja pakaian online pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Subjek penelitian ini adalah Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 256 mahasiswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian mengatakan bahwa antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif terdapat hubungan dengan nilai rho = -0,182 dan p = 0,004 pada sig. (2-tailed) yang berarti korelasinya signifikan karena lebih kecil dari 0,05 (p<0,05). Korelasi tersebut disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dengan nilai r (0,182) Pada penelitian ini rata-rata mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki kecenderungan tingkat perilaku konsumtif yang sedang yaitu sebesar 72,7%. Sedangkan tingkat kontrol diri rata- rata mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki kecenderungan tingkat kontrol diri sedang yaitu sebesar 60,9%.

References

Ali. M & M. Arsori. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Alwisol. (2008). Psikologi Kepribadian(Edisi revisi). Malang: UMM Press.
Anggraeini, R & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, (online), 12(1): 78-82, (http://digilib.unsu.ac.id), diakses pada 24 Mei 2019.
Aroma, I. Serpianing & Suminar D. R. (2012). Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, (online), 5(2): 52- 67, (http://repository.unair.ac.id), diakses pada 06 Mei 2019.
Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Callhoun, J.F & Acocella, J.R. (1990). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Ter R.S Satmoko Edisi 3. Semarang : IKIP.
Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.
Fromm, E. (1980). To Have or To Be. Bungay Suffol : The Chauser Press Ltd. Fromm, E. (1995). The Sane Sosiety. New York : Reinhart
Fadillah., F.G. (2013). Upaya Meningkatkan Pengendalian Diri Penerima Manfaat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Balai Rehabilitasi Mandiri Semarang. Skripsi diterbitkan, Semarang, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, diakses pada 05 Januari 2019.
Ghufron, M.N & Rini R.S. (2015). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Nurgiyantoro, B. (2009). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurtjahjanti, H. (2012). Hubungan antara Persepsi terhadap Harga dan Kualitas Produk dengan Membeli Produk Fashion Onlineshop di Facebook pada Mahasiswa Politeknik X Semarang. Jurnal Psikologi Undip (online), 11 (2): 5-26, (http://digilib.undip.ac.id), diakses pada 25 November 2018.
Hotpascaman S. (2010). Hubungan antara Perilaku Konsumtif dengan Konformitas pada Remaja, Skripsi diterbitkan, Medan, Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara, Diakses pada 31 Mei 2019.
Hurlock, E.B. (1990). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi kelima). Jakarata : Penerbit Erlangga.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2001). Principles of Marketing (6th Edition). New Jersey: Prentice Hall.
Lina & Rosyid, H.F. (1997). Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus of Control pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi, (online), 2(4): 24-28, (http://eprints.uinsuka.ac.id), diakses pada 03 Juni 2019.
Mangkunegara, A.P. (2002). Perilaku Konsumen. Bandung : PT. Refika Aditama.
Monks, F.J., Knoers A.M.P, & Harditono, S.R. (2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta : UGM Press.
Munazzah, Z. (2016). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa S1 Perbankan Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi diterbitkan, Malang, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, diakses pada 25 Juni 2019.
Nisa., C.G. (2013). Pengaruh Orientasi Belanja dan Gender Differences Terhadap Pencarian Informasi Online dan Belanja Online. Skripsi diterbitkan, Jakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, diakses pada 17 Juni 2019.
Pratama., F.A. (2014). Pengguna Internet Indonesia Paling Puas dengan Belanja Online. Diakses pada tanggal 15 Desember 2018 pukul 21.57 WIB dari http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/03/21/penggunainternet-indonesia- paling-puas-dengan belanja-online.
Pratiwi., D.H. (2013). Online Shop Sebagai Cara Belanja di Kalangan Mahasiswa UNNES. Skripsi diterbitkan, Semarang, Fakultas Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Semarang, diakses pada 27 Februari 2019.
Sari., A.C. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. Jurnal Skripsi, (online), 6(2): 35-47, (http://repository.unair.ac.id), diakses pada 14 Januari 2019.
Sari , P.I.M.N. (2013). Peran Gaya Hidup Hedonisme dan Locus of Control dalam Menjelaskan Kecenderungan Shopping Addiction pada Remaja Putri di Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Tesis diterbitkan, Malang, Fakultas Psikologi Universitas Brawijaya, diakses pada 14 Januari 2019.
Rahayuningsih, Y.D. (2011). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. Skripsi diterbitkan, Malang, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. diakses pada 23 Februari 2019.
Ramadhani, I.I. (2015). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Seksual Pada Mahasiswa Berdasarkan Tempat Tinggal. Tesis diterbitkan. Yogyakarta, Universitas Gajah Mada, diakses pada 18 September 2018.
Regina C. M.., David, L & Pali C. (2015). Hubungan antara Self-control dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal Skripsi, (online), 3(1): 297-302, (http://eprints.unsri.ac.id), diakses pada 14 Oktober 2018.
Sevilla, C.G. (2007). Research Methods. Rex Printing Company. Quezon City.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartini, & Toto, R. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motif Belanja Secara Online di Komunitas Kaskus Semarang. Jurnal Skripsi, (online), 7(3): 47-58, (http://digilib.undip.ac.id), diakses pada 07 Januari 2019.
Thohiroh., Q.A. (2015). Perilaku Konsumtif melalui Online Shopping Fashion pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi, (online), 2(2): 70-79, (http://digilib.ums.ac.id), diakses pada 17 September 2018.
Rachdianti, Y. (2011). Hubungan antara Self-control dengan Intentitas Penggunaan Internet Remaja akhir. Skripsi diterbitkan, Jakarta, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, diakses pada 12 Desember 2018.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Salamah, M. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Belanja Pakaian Online Pada Mahasiswi. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 16(1), 18–26. https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i1.4537

Issue

Section

Original Research

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.