Hubungan Antara Konsep Diri Akademis Dengan Resiliensi Akademis Pada Mahasiswa

  • Stefa Bella Fitra Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Rahma Widyana Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Mulianti Widanarti Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademis dengan resiliensi akademis pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu terdapat hubungan positif antara konsep diri akademis dengan resiliensi akademis pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 orang mahasiswa jurusan psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala Konsep Diri Akademis dan skala Resiliensi Akademis. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,822 dengan p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri akademis dengan resiliensi akademis pada mahasiswa. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,676, artinya variabel konsep diri akademis memberikan sumbangan efektif sebesar 67,6% terhadap variabel resiliensi akademis dan sisanya 32,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 12, 2022
How to Cite
FITRA, Stefa Bella; WIDYANA, Rahma; WIDANARTI, Mulianti. Hubungan Antara Konsep Diri Akademis Dengan Resiliensi Akademis Pada Mahasiswa. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), [S.l.], v. 16, n. 2, p. 117-127, sep. 2022. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/4561>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4561.
Section
Original Research