Hubungan Antara Persepsi Budaya Patriarki Dengan Perilaku Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Pada Laki-Laki Dewasa Awal

  • Adinda Pasya Pangestika Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Santi Esterlita Purnamasari Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Aditya Putra Kurniawan Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi budaya patriarki dengan perilaku kekerasan seksual terhadap perempuan pada laki-laki dewasa awal. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan kriteria laki-laki dewasa awal berusia 20-40 tahun dan pernah melakukan hubungan seksual. Pengambilan data penelitian ini menggunakan Skala Persepsi Budaya Patriarki dan Skala Perilaku Kekerasan Seksual terhadap Perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.795 (p<0.01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi budaya patriarki dengan perilaku kekerasan seksual terhadap perempuan pada laki-laki dewasa awal. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0.632 yang berarti persepsi budaya patriarki memberikan sumbangan terhadap perilaku kekerasan seksual terhadap perempuan pada laki-laki dewasa awal sebesar 63.2%, sedangkan 36.8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 14, 2022
How to Cite
PANGESTIKA, Adinda Pasya; PURNAMASARI, Santi Esterlita; KURNIAWAN, Aditya Putra. Hubungan Antara Persepsi Budaya Patriarki Dengan Perilaku Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Pada Laki-Laki Dewasa Awal. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 137-148, sep. 2022. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/4578>. Date accessed: 05 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4578.
Section
Original Research