Pengaruh Dukungan Sosial Ayah Dan Ibu Terhadap Motivasi Belajar Anak Yang Menjalani Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Tengah Masa Pandemi Covid-19

  • Noviyatur Rosyidah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Idha Rahayuningsih Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhimmatul Hasanah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini menggali ‘Pengaruh Dukungan Sosial Ayah dan Ibu Terhadap Motivasi Belajar Anak yang Menjalani Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Di Tengah Masa Pandemi Covid-19’. Pada peneitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumah sampel 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner yang disusun dalam bentuk skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini: 1) ada pengaruh dukungan sosia ayah terhadap motivasi belajar anak yang menjalani pembelajaran dalam jaringan, nilai koefisien Rsquare 0,330 yang artinya terdapat pengaruh dukungan sosial ayah sebesar 33,0%. 2) tidak ada pengaruh dukungan sosia ibu, 3) Ada pengaruh dukungan sosial ayah dan ibu dengan nilai koefisien Rsquare 0,282 yang artinya terdapat pengaruh dukungan sosial ayah sebesar 28,2% terhadap motivasi belajar anak yang menjalani pembelajaran dalam jaringan (daring) sedangkan 71,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 14, 2022
How to Cite
ROSYIDAH, Noviyatur; RAHAYUNINGSIH, Idha; HASANAH, Muhimmatul. Pengaruh Dukungan Sosial Ayah Dan Ibu Terhadap Motivasi Belajar Anak Yang Menjalani Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Tengah Masa Pandemi Covid-19. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), [S.l.], v. 16, n. 2, p. 128-136, sep. 2022. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/4577>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4577.
Section
Original Research