Pengaruh Dukungan Sosial Ayah Dan Ibu Terhadap Motivasi Belajar Anak Yang Menjalani Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Tengah Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4577Keywords:
Dukungan Sosial Ayah, Dukungan Sosial Ibu, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini menggali ‘Pengaruh Dukungan Sosial Ayah dan Ibu Terhadap Motivasi Belajar Anak yang Menjalani Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Di Tengah Masa Pandemi Covid-19’. Pada peneitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumah sampel 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner yang disusun dalam bentuk skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini: 1) ada pengaruh dukungan sosia ayah terhadap motivasi belajar anak yang menjalani pembelajaran dalam jaringan, nilai koefisien Rsquare 0,330 yang artinya terdapat pengaruh dukungan sosial ayah sebesar 33,0%. 2) tidak ada pengaruh dukungan sosia ibu, 3) Ada pengaruh dukungan sosial ayah dan ibu dengan nilai koefisien Rsquare 0,282 yang artinya terdapat pengaruh dukungan sosial ayah sebesar 28,2% terhadap motivasi belajar anak yang menjalani pembelajaran dalam jaringan (daring) sedangkan 71,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
References
Asra, Sumiati. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung. CV. Wacana Prima.
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Damanik, M. R. (2004). Social Support and Pattient Adherence to Medical Treatment a Meta Analysis. Health Psychology Journal. 23 (02):207-218
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar danPembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Djamarah, S. H.(2008). Psikologi Belajar.Jakarta. Rineka Cipta.
Firman, F. Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.. Indonesia Journsl of Educatinal Science (IJES). 2 (2):81-89
Gikas, J. & Grant, M.M. (2013). Mobile Computing Devices in Higher Education Student Prespective on Learning With Cellphones, Smartphone,& Social Media. Internet and Higher Education.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.
GTPPCovid-19. (2020). Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disese 2019).
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya- Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Hasanah, R., & Kasmiruddin. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Bagian Service Pada PT. United Tracktor, Pekan Baru. JOM Fisip. 3 (1):1-15.
Henderson. (2003). The Learning Question and Answer Book. American Management Association.
Jhon, W. And Sons. S. B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta. PT.Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.
Khusnia, S. & Rahayu, S. A. (2010). Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri Remaja Tuna Netra. Jurnal Penelitian Psikologi. 1 (01):41-42.
Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences Between M-Learning (Mobile Learning) and E-Learning Basic Terminology and Usage of M-Learning in Education. Procedia-Social and Behavioral Sciences.
Ngalim, Purwanto. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Nursalam dan Kurniawati. (2013). Asuhan Kwpwrawan psds Pasien Terinfeksi HIV/AIDS. Jakarta Salemba Medika.
Moore J. L., dkk. (2011). E-learning,online learning, and distance learning evironments: Are They Same? Internet and Higher Education.
Morrison, Val, & Bennet, Paul. (2009). An IntroductionTo Heakth Psychology 2nd Edition. UK Pearson Education Limited.
Pramana, A.A. dkk. (2018). Hubungan Dukngan Sosial dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri Bali Mandara. Jurnal Psikologi Udayana. 5 (01);189-196. ISSN 2654-4024.
Prawira, PurwaAtmaja. (2013). Psikologi Pendidikan dalam Presprektif Baru. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Priyatno. (2014) SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta.
Sarafino, E. P. (1990). Health Psychology. Singapore.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta.Rajawali Press.
Slameto. (2010). Bwlajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.
Sunarno, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Rineka Cipta.
Syaiful, B. D. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Tunggadewi T. And Indriana, Y. (2018). Hubungan ANATRA Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pad Santri di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an JawaTengah.Jurnal Empati. 6 (03): 313-217
Zhang, D., dkk. (2004). Can E-learning Replace Clasroom Learning? Communication of the ACM.