Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kedisiplinan Beribadah Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Ilmi Wassuluk Gresik
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v15i2.4525Keywords:
Kecerdasan Spiritual, Kedisiplinan Beribadah, SantriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kedisiplinan beribadah pada santri di Pondok Pesantren Darul Ilmi Wassuluk Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data dari kedua variabel menggunakan kuesioner yang disusun dalam bentuk skala likert. Analisis data penelitian menggunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Rsquare atau koefisien determinasi sebesar 0,185 dari variabel kecerdasan spiritual. Nilai Rsquare sebesar 0,185 menunjukkan pengaruh variabel kecerdasan spiritual terhadap variabel kedisiplinan beribadah sebesar 18,5% sedangkan sisanya 81,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kedisiplinan beribadah pada santri di Pondok Pesantren Darul Imli Wassuluk Gresik.
References
Agus, N. (2005). Quantum Quotient (Kecerdaan Quantum): Cara Cepat Melejitkan IQ, EQ, dan SQ secara Harmonis, Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia
Azariyah, J. (2017). Perbedaan Tingkat Kedisiplinan Ditinjau Dari kepribadian Pada Santri Pondok Pesantren Al-Karimiyyah Sumenep Madura. Malang: UIN (online), (http:/etheses.uin-malang.ac.id). diakses pada 05 April 2019.
Azwar, S. (2014). Validitas dan reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Abdillah. W & Jogiyanto. (2015). Paritial Least Square (PLS) – Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisinis. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Budi, W. R. & Setyawan, I. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Disiplin Sekolah Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam. Jurnal Empati 3 (2), 309-318.
Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia.Jakarta: Pustaka LP3ES.
Dzulfiqar. (2018). Pengaruh Peraturan Pesantren Terhadap Kedisiplinan Santri Pada Pondok Pesantren Jabal Nur Jadid Desa Meurandeh Kabupaten Aceh Barat Daya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. (online), (https://repository.ar-raniry.ac.id), diakses pada 20 Juni 2019.
Djamarah, S. B. (2008). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.Rofiah, A. (2013). Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap kecerdasan Spiritual Anak di MI Miftahul Huda Kedunglumpang Jombang. Undergraduate theses. Malang: UIN. (online), (https://theses.uni-malang.ac.id) diakses pada 20 April 2019.
Reza, A. (2014). Analisi Pengaruh Gaya Kepemimipinan, Motivasi dan disiplin kerja terhadap Kinerja Pegawai (Studi Empiris pada PT DHL Forwading Semarang Branch). Semarang: Unversitas Diponogoro Semarang. (online). (https://pdfs.semanticscholar.org) diakses pada 20 April 2019.
Sifa’ulqolbiyah. (2011). Korelasi Antara Kedisiplinan Dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih di Nurul Ulum Pungging Mojosari Mojokerto. Skripsi:UIN, Surabaya, (online), (https//:digilib.unisby.ac.id), diakses pada 15 Juli 2019.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Unaradjan, D. (2003). Manajemen Disiplin. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana
Indonesia.
Wahab, A., & Umiarso. (2011). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan
Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zohar, D. & Marshall, I. (2007). “SQ Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berfikir Integralistik dan Holistik Untuk Memaknai Hidup”. Bandung: Mizan.