Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kedisiplinan Beribadah Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Ilmi Wassuluk Gresik

  • Man Yany Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nadhirotul Laily Universitas Muhammadiyah Gresik
  • DRE Haniwati Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kedisiplinan beribadah pada santri di Pondok Pesantren Darul Ilmi Wassuluk Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data dari kedua variabel menggunakan kuesioner yang disusun dalam bentuk skala likert. Analisis data penelitian menggunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Rsquare atau koefisien determinasi sebesar 0,185 dari variabel kecerdasan spiritual. Nilai Rsquare sebesar 0,185 menunjukkan pengaruh variabel kecerdasan spiritual terhadap variabel kedisiplinan beribadah sebesar 18,5% sedangkan sisanya 81,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kedisiplinan beribadah pada santri di Pondok Pesantren Darul Imli Wassuluk Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 6, 2022
How to Cite
YANY, Man; LAILY, Nadhirotul; HANIWATI, DRE. Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kedisiplinan Beribadah Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Ilmi Wassuluk Gresik. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 112-124, sep. 2022. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/4525>. Date accessed: 02 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v15i2.4525.
Section
Original Research