Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Teknik Informatika Di Universitas Muhammadiyah Gresik

Authors

  • Tri Rahmawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Awang Setiawan Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ima Fitri Sholichah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4560

Keywords:

Stres Akademik, Kecerdasan Emosional, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap stres akademik pada mahasiswa angkatan 2019 program studi teknik informatika di universitas muhammadiyah Gresik. Penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa program studi teknik informatika angkatan 2019 berjumlah 99 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini sampling jenuh. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala kecerdasan emsoional dan sekala stres akademik. Metode pengumpulan data mengunakan kuesioner dalam bentuk skala likert dengan 4 pilihan jawaban dengan uji regresi sederhana. Uji validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity). Uji reabilitas  menggunakan teknik Alpha Cronbach dan program SPSS 18.0 For Windows.Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat di tarik simpulkan bahwa bahwa Ha ditolak Ho diterima artinya tidak terdapat pengaruh antara variabel kecerdasan emosional terhadap stres akademik   mahasiswa angkatan 2019 Progam Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Gresik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi non linear pada tabel Coefficients, terlihat dari probabilitas signifikansinya >0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho di terima Ha di tolak artinya variabel kecerdasan emosional tidak berpengaruh oleh stres akademik, dengan persamaan matematis y=-12.606 koefisien regresi kecerdasan emsoional yaitu 0,880. Hasil analisis data dari teknik regresi non linier dari tabel model summery menunjukan bahwa nilai R2 (R Square) sebesar 0,346 atau 34,6%. Koefisien determinan digunakan untuk mengatahui prosentase pengaruh variabel independen terhadap dependen. Dapat diartikan bahwa variabel indenpenden (kecerdasan emsoional) mempengaruhi perubahan variabel dependen (stres akademik) adalah sebesar 34,6%. Sedangkan sisanya 65,4% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel independen yang diteliti.

References

Winarsunu, T. (2015). Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendididkan. Malang : UMM Press.
s, S., & Uyanto. (2006). Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arikunto , S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2 . Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5 (3), 143-148.
Burhanudin . (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Stres . Jurnal Bisnis dan Ekonomi , 8, 56-70.
Adhi p, R. A., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Intensi Agresi pada Siswa Kelas XI Smk X Semarang. Empati, 6(1), 357-364.
Darmawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Situmorang, G. C., & Desiningrum, D. R. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Coping Strss Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Jurusan Musik Di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jurnal Empati,, 7 ( 3), 279-285.
Santrock, J. W. (n.d.). Life-span Development Perkembangan Masa Hidup Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Santrock , J. W. (2012). Life-Span Development Perkembangan Masa-Hidup Edisi ketigabelas Jilid 1 . Jakarta: Erlangga.
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Utama.
Goleman, D. (2001). Working With Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2011). Ekonometrika. Semarang: Badan Penerbit Universitas Di Ponegoro.
Indria, I., Siregar, J., & Herawaty, Y. (2019). Hubungan Antara Kesabar dan Stres Akademik pada Mahasiswa di Pekanbaru. Jurnal Fakultas Psikologi, 13 (1), 21-34.
Lahitani, S. (2016). 7 Jurusan Kuliah Paling Sulit di Indonesia. https://www.liputan6.com/citizen6/read/2433531/7-jurusan-kuliah-paling-sulit-di-indonesia
Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(2), 296-302.
Situmorang, G. C., & Desiningrum, D. R. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Coping Stres pada Mahasiswa Tingkat Pertama Jurusan Musik Di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jurnal Empati,, 7 ( 3), 279-285.
Nurmalasari , Y., Yustiana, Y. R., & Iiflanda. (2016). Efektivitas Restrukturisasi Kognitif dalam Menagani Stres Akademik Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, I(1), 75-89.
Nuraini. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emsoional dan Efikasi Diri Terhadap Stres AkademikSiswa Full Day School SMPIT Istan Permata Malang (Doctoral Dissertation , Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology. New York: Jhony Wiley & Sons, Inc.
Suryani dan Hendryadi. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.
Nurmaliyah, F. (2014). Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction. jurnal Pendidikan Humaniora, 2, 273-282.
Purwati, M., & Rahmandani, A. (2018). Hubungan antara Kelekatan pada Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Teknik Perancangan Wilayah dan Kota Universitas di Ponegoro Semarang. Jurnal Empati, VII, 28-39.
Sarita, & Sonia. (2015). Academic Stress Among Students: Role and Responsibilities of Parents. Journal of Applied Research, 1 (1), 385-388.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. (t. A. Prabawati, Ed.) Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, C. (2018). Mahir Menguasai SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Arsita , G. N., & Fajrianthi. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Adaptabilitas Karyawan Frontline yang Bekerja di Bank Perkreditan Rakyat ( BPR) Surabaya. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 6, 1-20.

Downloads

Published

2022-09-12

How to Cite

Rahmawati, T., Wicaksono, A. S., & Sholichah, I. F. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Teknik Informatika Di Universitas Muhammadiyah Gresik. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 16(2), 107–116. https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4560

Issue

Section

Original Research

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.