Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Pengoperasian Bentuk Aljabar Melalui ModelPemberian Tugas
Keywords:
hasil belajar, bentuk aljabar, pemberian tugasAbstract
Penelitian ini di laksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Nopember2020. Tujuan diadakan penelitian adalah diperolehnya informasi tentang peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok pengoperasian bentuk aljabar di kelas VII D SMPN 1 Margomulyo melalui model pemberian tugas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPN 1 Margomulyo pada semester ganjil tahun 2020-2021 dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 10 orang laki laki dan 16 orang perempuan. PTK ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri masing masing 1 pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, serta tanggapan siswa. Kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis ketiga siklus diperoleh ketuntasan belajar pada siswa pada pokok bahasan pengoperasian bentuk aljabar adalah meningkat. Hal ini dapat dilihat dilihat dari meningkatnya ketuntasan belajar siswa yaitu hasil nilai pretestdi awal siklus dengan ketuntasan sebanyak 15.38%, hasil ketuntasan siklus 1 menjadi 23.08%, hasil ketuntasan siklus 2 menjadi 33.33%, hasil ketuntasan siklus 3 menjadi 92.31%. Berdasarkan data diatas diperoleh kesimpulan bahwa dari hasil tes di siklus 3yang tuntas sebnayak 92.31%. Dari hasil pengamatan selama tiga siklusjuga mengalami peningkatan nilai, aktifitas belajar siswa, siswa lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran, aktif bekerjasama, berani bertanya.
References
dalam Belajar. Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Killen, R. (2006). Effective teaching strategies: Lessons from research and practice. Cengage
Learning Australia.
Nuharini, D., & Wahyuni, T. (2008). Matematika konsep dan aplikasinya untuk kelas VII SMP
dan MTs [Mathematics concepts and its applications for grade VII junior secondary
school].
Syah, M. (1995). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru.
Widodo, T. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Faktorisasi Suku Aljabar Melalui Pembelajaran
Kooperatif dengan Blok Aljabar Siswa Kelas VII C Semester 1 SMP Negeri 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Matematika.
Arikunto Suharsini (1993). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara.
Arikunto Suharsini (1993). Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta Depdikbud 1996,
Petunjuk Tekhnis Mata Pelajaran Matematika: Depdikbud Depdiknas, 2000, Pendekatan
Konstekstual, Jakarta, Depdiknas
Depdiknas, 2001, Petunjuk teknis Pembuatan PTK. Buletin Pelangi Pendidikan Volume 4 No. 2,
Jakarta, Depdiknas
Depdiknas, 2002, Penelitian Tindakan Kelas, Pelatihan Terintegrasi Berbasis KompetensiMata
Pelajaran Matematika, Jakarta
Hadi Sutrisno. 1987. Statistik II. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultasi Psikologi UGM
Nurkancana Wayan dan Sunartana, PPN. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha
Nasional
Surachmad Winarno. 1986. Pengantar interaksi Mengajar Dasar dan Teknik Metodologi
Pengajaran. Bandung: Tarsito.
Hadimiarso Yusuf. 2004. Menyemai Benih TeknologiPendidikan Jakarta:
Prenadamedia Group
https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2945/3/BAB%20II.pdf
https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/2855-Full_Text.pdf
https://core.ac.uk/download/pdf/268618067.pdf
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/13994