IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Luqman Azhary UIN SALATIGA
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Fathur Rokhman Universitas Negeri Semarang
  • Wagiran Wagiran Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.8804

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Pengumpulan data meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan Pendidikan karakter telah terlaksana dengan baik di SD Negeri 1 Jangraga melalui perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang matang. Pada tahapan perencanaan pembelajaran, guru sudah memasukkan nilai-nilai karakter yang diterapkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Silabus. Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dilaksanakan dengan baik melalui model pembelajaran cooperative learning dengan pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) yang disesuaikan dengan karakteristik siswa di sekolah dasar. Awal pembelajaran, guru mengajak siswa untuk berdoa sebagai bentuk implementasi spiritualitas, pada saat pembelajaran, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen untuk melaksanakan diskusi. Model pembelajaran cooperative learning mendorong siswa untuk lebih aktif sekaligus menghargai perbedaan pendapat dalam diskusi. Dalam pembelajaran ini. guru menjadi fasilitator dalam pembelajaran model cooperative learning, selebihnya adalah peran siswa dalam menghidupkan pembelajaran. Akhir pembelajaran, guru memberikan umpan balik untuk membantu siswa dalam memahami konsep yang ada. Pendidikan karakter dilaksanakan dengan bantuan berbagai pihak salah satunya adalah peserta didik itu sendiri. Tanpa adanya bantuan dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak, pendidikan karakter akan sulit terimplementasi dengan baik

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Azhary, L., Hartono, H., Rokhman, F., & Wagiran, W. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 8(2), 119–127. https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.8804

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.