MENJAGA TRADISI LEWAT TARI: EKSPLORASI SENI LENGGER BANYUMASAN SEBAGAI EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR

  • Desi Setiyadi Institut Daarul Qur'an Jakarta
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Fathur Rokhman Universitas Negeri Semarang
  • Wagiran Wagiran Universitas Negeri Semarang

Abstract

Fenomena terkikisnya nilai-nilai budaya lokal dalam pendidikan dasar, seni tari Lengger Banyumasan, sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia, diharapkan dapat berperan penting dalam pelestarian budaya serta pengembangan karakter siswa. Penelitian ini mengkaji peran seni tari Lengger Banyumasan sebagai ekstrakurikuler di sekolah dasar dalam pelestarian budaya dan pengembangan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan instrumen wawancara semi-terstruktur dan observasi partisipatif, melibatkan siswa, guru seni, dan orang tua. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan berdasarkan pola yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam tari Lengger Banyumasan secara signifikan memperkuat identitas budaya dan keterampilan sosial, seperti kerjasama dan komunikasi. Meskipun ada tantangan terkait dukungan dan fasilitas, seni tari ini terbukti efektif sebagai media pelestarian budaya lokal. Dukungan dari komunitas dan pihak sekolah sangat penting untuk memastikan keberlanjutan dan pengembangan program ekstrakurikuler, sehingga dapat menciptakan generasi yang menghargai dan melestarikan warisan budaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 14, 2024
How to Cite
SETIYADI, Desi et al. MENJAGA TRADISI LEWAT TARI: EKSPLORASI SENI LENGGER BANYUMASAN SEBAGAI EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 100-112, dec. 2024. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/8778>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.8778.
Section
Articles