IDENTIFIKASI BAKAT TARI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN TARI KREASI

  • Fidatul Mustika
  • Feni Sulviana Dewi
  • Irmawati Nur Istingana
  • Herlina Dyah Susanti

Abstract

Pengabdian telah dilaksanakan di SDN 1 Slempit yang terletak di Desa Slempit kecamatan Kedamean. Pelaksanaan pengabdian  selama 1 bulan dari bulan Agustus sampai September 2017. Perkembangan IPTEK dapat menimbulan banyak persoalan dan dapat mempengaruhi kebudayaan.  Saat ini , kesenian tari kreasi tradisioanal untuk anak-anak semakin memudar di karenakan zaman yang semakin maju. Tujuan untuk mengetahui potensi  bakat tari siswa SDN 1 Slempit dan jenis-jenis tari yang di minati, membantu mengoptimalkan potensi sehingga bisa menjadi prestasi. Identifikasi dapat mecakup: observasi dengan menggunakan kriteria yang cocok, prestasi dan absensi dalam aktivitas ekstrakulikuler. Proses identifikasi harus digunakan untuk mengetahui anak yang memiliki talenta yang tinggi dan untuk mengetahui pengalaman siswa dalam bidang tari. Hasil dari pengabdian ini dapat dilihat pada peningkatan animo siswa yang berminat untuk mengikuti ekstra tari untuk bersama-sama belajar tari kreasi sehingga dapat menambah wawasan mereka di bidang tari. Siswa yang mengikuti ekstra tari mengharapkan adanya pembinaan tari setiap minggu.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 15, 2018
How to Cite
MUSTIKA, Fidatul et al. IDENTIFIKASI BAKAT TARI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN TARI KREASI. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 29-43, feb. 2018. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/272>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v1i2.272.
Section
Articles