IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

  • Luqman Azhary UIN SALATIGA
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Fathur Rokhman Universitas Negeri Semarang
  • Wagiran Wagiran Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Pengumpulan data meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan Pendidikan karakter telah terlaksana dengan baik di SD Negeri 1 Jangraga melalui perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang matang. Pada tahapan perencanaan pembelajaran, guru sudah memasukkan nilai-nilai karakter yang diterapkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Silabus. Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dilaksanakan dengan baik melalui model pembelajaran cooperative learning dengan pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) yang disesuaikan dengan karakteristik siswa di sekolah dasar. Awal pembelajaran, guru mengajak siswa untuk berdoa sebagai bentuk implementasi spiritualitas, pada saat pembelajaran, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen untuk melaksanakan diskusi. Model pembelajaran cooperative learning mendorong siswa untuk lebih aktif sekaligus menghargai perbedaan pendapat dalam diskusi. Dalam pembelajaran ini. guru menjadi fasilitator dalam pembelajaran model cooperative learning, selebihnya adalah peran siswa dalam menghidupkan pembelajaran. Akhir pembelajaran, guru memberikan umpan balik untuk membantu siswa dalam memahami konsep yang ada. Pendidikan karakter dilaksanakan dengan bantuan berbagai pihak salah satunya adalah peserta didik itu sendiri. Tanpa adanya bantuan dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak, pendidikan karakter akan sulit terimplementasi dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 14, 2024
How to Cite
AZHARY, Luqman et al. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 119-127, dec. 2024. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/8804>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.8804.
Section
Articles