PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENGENAL SATUAN WAKTU MELALUI MEDIA BELAJAR BERBASIS GAME EDUCANDY KELAS 2A SD NEGERI SEDATI

  • Alien Nisaul Hikmiah SD NEGERI SEDATI AGUNG SIDOARJO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar daring dengan media belajar berbasis Game educandy tahun ajaran 2020-2021. Pemilihan media pembelajaran ini diharapkan dapat memunculkan daya saing antar siswa  sehingga mendorong siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan termotivasi untuk mengerjakan latihan dan kuis dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar yang tinggi. Penelitian ini dianalisis dengan cara deskriptif kuantitatif, data awal yang diperoleh dalam bentuk kuantitatif lalu dianalisis secara deskriptif  yaitu berupa skor yang dihasilkan dari tes atau evaluasi dan dihitung dengan menggunakan statistik sederhana yaitu data tes hasil belajar (post test). Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 18,4 yaitu dari 67,2 pada siklus I menjadi 85,6 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 30% yaitu dari 44% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa media Game dapat berpengaruh meningkatakan hasil belajar siswa karena game tersebut tidak membosankan dan tertantang untuk bermain game oleh karena itu siswa sangat tertarik dan antusias saat proses mengerjakan soal latihan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 10, 2022
How to Cite
HIKMIAH, Alien Nisaul. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENGENAL SATUAN WAKTU MELALUI MEDIA BELAJAR BERBASIS GAME EDUCANDY KELAS 2A SD NEGERI SEDATI. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 151-169, jan. 2022. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/3540>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v5i2.3540.
Section
Articles