PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II SDN SEDATI AGUNG
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Matematika. Hal tersebut disebabkan oleh siswa mengalami kesulitan dalam operasi pembagian, pemilihan model dan metode pembelajaran tidak sesuai dengan materi yang akan disampaikan oleh guru. Solusi yang diberikan adalah menerapkan model pembelajaran Make a match. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observaasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observaasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar 78,95% dan 89,28% pada siklus II, memenuhi indikator ketuntasan ≥85%. Pada aktivitas siswa menunjukkan hasil 78,3% siklus I dan sebesar 87,5% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar secara rerata sebesar 73,75 dan secara persentase klasikal sebesar 89,7%.