PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI KEWIRAUSAHAAN DAN KEMAMPUAN PENGUATAN KEUNGGULAN PRODUK BERBASIS PADA KEARIFAN LOKAL

Authors

  • Beni Dwi Komara Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Heri Cahyo Bagus Setiawan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aries Kurniawan Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/jre.v3i2.1559

Keywords:

Pemberdayaan, Santri, Wirausaha, Penguatan Produk, Kearifan Lokal

Abstract

Sekarang ini santri tidak hanya dituntut untuk fokus mempelajari ilmu agama saja namun juga dituntut untuk bisa belajar menjadi santri yang memiliki kemandirian ekonomi. Dengan harapan ketika nanti terjun dimasyarakat santri ini akan menjadi panutan dalam penerapan agama dalam kehidupanya yang didalamnya juga terkait dengan kemandirian ekonominya.  Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pemberdayaan santri yang dilakukan oleh Pondok Pesantren untuk membentuk kemandirian ekonomi melalui kewirausahaan dan memiliki kemampuan penguatan keunggulan produk berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal yang berakar dari budaya bangsa Indonesia dan tetap sejalan dengan ajaran agama Islam, bukan berdasarkan sistem lain yang hanya mementingkan kehidupan dunia semata tanpa memperdulikan kehidupan setelah mati. Penelitian dilakukan di  Pondok Pesantren Mukmin Mandiri yang memiliki 2 lokasi di Sidoarjo dan Tulungagung. Metodologi  penelitian  menggunakan kualitatif,  agar  mampu melakukan pendekatan  yang  naturalistic  interpretif  dan disajikan dalam bentuk deskriptif, atau diuraikan secara mendalam. Hasilnya, Pemberdayaan Santri mampu dilakukan melalui pendidikan agama dengan hafalan Alquran dan  kitab kuning serta memberikan  pengetahuan dunia bisnis yang  dipelajari secara teori dan praktik. Kewirausahaan bisnis kopi ini sepenuhnya melibatkan santri pada keseluruhan proses mulai dari perencanaan, penyusunan struktur organisasi, pelaksanaan bidang SDM, bidang Keuangan, bidang produksi dan bidang pemasaran. Santri telah diajarkan cara memperkuat keunggulan produk terutama Keunggulan budaya berupa kearifan lokal yang tidak dimiliki ditempat lain dan mampu menjadi penguat keunggulan produk yaitu terciptanya gotong-royong oleh seluruh stake holder bisnis kopi dan Identitas santri & Pondok Pesantren yang sangat bagus bagi pasar domestik yang mayoritas muslim.

Downloads

Published

2020-08-01

How to Cite

Komara, B. D., Setiawan, H. C. B., & Kurniawan, A. (2020). PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI KEWIRAUSAHAAN DAN KEMAMPUAN PENGUATAN KEUNGGULAN PRODUK BERBASIS PADA KEARIFAN LOKAL. Jurnal Riset Entrepreneurship, 3(2), 15–22. https://doi.org/10.30587/jre.v3i2.1559

Issue

Section

Articles

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.