Kemampuan Berbicara Anak Usia 4 Tahun Di TK Muslimat NU 307 Az-Zahrah ABR Gresik

Authors

  • Revica Dasendra Sari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ayunda Sayyidatul Ifadah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fitri Ayu Fatmawati Universitas Muhammadiyah Gresik

Keywords:

Berbicara, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak usia 4 tahun ini belum bisa mengungkapkan bahasannya, dan juga belum mampu memahami bahasa terkait pembendaharaan kata yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berbicara anak usia 4 tahun di TK Muslimat NU 307 Az – Zahrah ABR Gresik dan Faktor apa saja yang mempengaruhi dalam kemampuan berbicara anak usia 4 tahun di TK Muslimat NU 307 Az – Zahrah ABR Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. data dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman. analisis data model Miles and Huberman ada tiga langkah, yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan concluusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dalam memahami dan mengungkapkan pesan melalui pengulangan kata-kata, seperti pada pengucapan warna, benda, dan bercerita dengan sendirinya sesuai dengan imajinasinya melalui hal sekitarnya. dan juga mau berbagi, sabar, sopan santun

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Revica Dasendra Sari, Ayunda Sayyidatul Ifadah, & Fitri Ayu Fatmawati. (2025). Kemampuan Berbicara Anak Usia 4 Tahun Di TK Muslimat NU 307 Az-Zahrah ABR Gresik. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 7(2), 63–78. Retrieved from https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/10150

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.