Analisis Trend Inovasi Pembelajaran di PAUD Pasca Covid

Analisis Trend Inovasi Pembelajaran di PAUD Pasca Covid

  • Rika Luthfia Pratiwi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Salwa Tsabita Saputra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Esya Anesty Mashudi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Inovasi pembelajaran dirancang berdasarkan budaya, kondisi, juga kebutuhan pendidikan anak usia dini pada setiap wilayah tempat anak bersekolah. Pada Maret tahun 2020 kita semua merasakan adanya pandemi covid-19, yang merubah kondisi pendidikan anak usia dini. Hal inilah yang mengakibatkan adanya inovasi pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa melaksanakan pembelajaran sesuai anjuran pemerintah. Tujuan dari penelitian ini dilakuakn untuk menganalisis inovasi apasaja yang terjadi ketika era pandemi berlangsung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan sistematik literatur review (SLR) dengan pengumpulan data menggunakan Publish Or Perish. Berdasarkan analisis terhadap pembelajaran paud di era covid-19 yang ditinjau dari 12 literatur, terdapat beberapa inovasi pembelajaran yang telah dilaksanakan. Pembelajaran yang dilaksanakan berbasis daring (tidak tatap muka) menggunakan aplikasi online. Pada awal  era covid-19 banyak pembelajaran disampaikan melalui media WhatApp hal ini dikarenakan media WhatsApp adalah media yang paling sering digunakan oleh guru dan orang tua untuk berkomunikasi satu sama lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 9, 2024
How to Cite
PRATIWI, Rika Luthfia; SAPUTRA, Salwa Tsabita; MASHUDI, Esya Anesty. Analisis Trend Inovasi Pembelajaran di PAUD Pasca Covid. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 6, n. 2, p. 39-47, july 2024. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/7811>. Date accessed: 27 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v6i2.7811.