Tata Kelola Administrasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Studi Kasus Di KB/BA Restu Malang
Abstract
Tata kelola administrasi memiliki peran penting dalam menunjang kualitas layanan pendidikan di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan praktik tata kelola administrasi di KB/BA Restu Kota Malang serta dampaknya terhadap mutu pelayanan pendidikan. KB/BA Restu sebagai lembaga yang telah berdiri sejak tahun 1982 menunjukkan kematangan dalam sistem administrasi, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengawasan berbagai kegiatan kelembagaan. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan administrasi yang tertib dan sistematis, didukung oleh tenaga administrasi yang kompeten, perencanaan pembelajaran yang terstruktur, serta transparansi keuangan yang tinggi, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat dan keberhasilan proses pembelajaran anak usia dini. KB/BA Restu menjadi contoh lembaga PAUD yang mampu menyelenggarakan pendidikan berkualitas melalui tata kelola administrasi yang efektif dan efisien.