ASESMEN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI TEKNIK CHECKLIST DI TK AISYIYAH 8 MELIRANG

Authors

  • ID'HA TUTFI ULKHATIATA UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.30587/jieec.v3i1.2215

Keywords:

: Anak Usia Dini, Perkembangan Sosial Emosional, Asesmen

Abstract

Menganalisis penerapan teknik checklist untuk menilai sosial  emosional anak usia dini merupakan tujuaan utama dari penelitian ini. Dengan mendeskripsikan teknik checklis tersebut untuk mengetahui perkembangan sosial emosional melalui metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di TK Aisyiyah 8 Melirang. Dari hasil penelitian di TK tersebut menggunakan teknik penilaian yakni checklist, catatan anekdot, dan hasil karya. Penilaian perkembangan sosial emosional juga menggunakan ketiga teknik. Namun, salah satu teknik yang paling umum digunakan adalah teknik checklist yang sesuai dengan Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Tahun 2015.

Downloads

Published

2021-01-29

How to Cite

ULKHATIATA, I. T. (2021). ASESMEN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI TEKNIK CHECKLIST DI TK AISYIYAH 8 MELIRANG. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.30587/jieec.v3i1.2215

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.