Pengaruh APE terhadap Kemampuan Kognitif dalam Hal Berfikir Logis untuk Anak Kelompok A Di TK Aisiyah Bustanul Athfal 16 Takeharjo Pengaruh APE terhadap Kemampuan Kognitif dalam Hal Berfikir Logis untuk Anak Kelompok A Di TK Aisiyah Bustanul Athfal 16 Takeharjo

Main Article Content

Shofi Pavita Pavita

Abstract

Setiap manusia dari taman kanak-kanak hingga orang dewasa selalu memiliki keinginan untuk melakukan bermain meskipun permainan dalam setiap jenjang umur berbeda-beda bentuknya. Orang tua dapat memberi bimbingan kepada anak mereka dalam memenuhi tugas-tugas perkembangan pada masa awal kanak-kanak melalui kegiatan permainan, hal ini karena di dalam kegiatan bermain tak lepas dari penggunaan alat permainan yang dapat memberikan dampak positif bagi anak, Bermain bagi anak usia dini sangatlah penting, dengan bermain maka proses belajar anak akan efektif dan lebih cepat ditangkap pada saat mereka bermain, serta salah satu manfaat bermain baik untuk  perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  penggunaan Alat permainan edukatif (APE) untuk kemampuan kogtitif dalam berfikir logis dengan melalui APE balok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 28 siswa, yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 16 Takerharjo. Instrumen yang digunakan berupa angket atau kuisioner kemudian di Uji Normalitas 0.055, uji Wilcoxon -4.622 dalam pengujian hipotesisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan data berdistribusi tidak normal. Dibuktikan dengan Uji Normalitas dengan hasil signifikansi 0.055 < 0.05 Dan Uji Wilcoxon dengan hasil signifikasi signifikasi pada -4.622 < 2.048.


 


Kata Kunci : APE, Kognitif, berfikir logis

Article Details

How to Cite
Pavita, S. P. (2023). Pengaruh APE terhadap Kemampuan Kognitif dalam Hal Berfikir Logis untuk Anak Kelompok A Di TK Aisiyah Bustanul Athfal 16 Takeharjo: Pengaruh APE terhadap Kemampuan Kognitif dalam Hal Berfikir Logis untuk Anak Kelompok A Di TK Aisiyah Bustanul Athfal 16 Takeharjo. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 3(1), 58–70. https://doi.org/10.30587/jieec.v3i1.4304
Section
Articles