PENGARUH APE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM HAL BERFIKIR LOGIS UNTUK ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 16 TAKERHARJO

  • Shofi Pavita Pavita Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Setiap manusia dari taman kanak-kanak hingga orang dewasa selalu memiliki keinginan untuk melakukan bermain meskipun permainan dalam setiap jenjang umur berbeda-beda bentuknya. Orang tua dapat memberi bimbingan kepada anak mereka dalam memenuhi tugas-tugas perkembangan pada masa awal kanak-kanak melalui kegiatan permainan, hal ini karena di dalam kegiatan bermain tak lepas dari penggunaan alat permainan yang dapat memberikan dampak positif bagi anak, Bermain bagi anak usia dini sangatlah penting, dengan bermain maka proses belajar anak akan efektif dan lebih cepat ditangkap pada saat mereka bermain, serta salah satu manfaat bermain baik untuk  perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  penggunaan Alat permainan edukatif (APE) untuk kemampuan kogtitif dalam berfikir logis dengan melalui APE balok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 28 siswa, yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 16 Takerharjo. Instrumen yang digunakan berupa angket atau kuisioner kemudian di Uji Normalitas 0.055, uji Wilcoxon -4.622 dalam pengujian hipotesisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan data berdistribusi tidak normal. Dibuktikan dengan Uji Normalitas dengan hasil signifikansi 0.055 < 0.05 Dan Uji Wilcoxon dengan hasil signifikasi signifikasi pada -4.622 < 2.048.


 


Kata Kunci : APE, Kognitif, berfikir logis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 6, 2023
How to Cite
PAVITA, Shofi Pavita. PENGARUH APE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM HAL BERFIKIR LOGIS UNTUK ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 16 TAKERHARJO. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 58-70, nov. 2023. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/4304>. Date accessed: 13 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v3i1.4304.