Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Waru

Authors

  • Choirunisa Firda Haryanti Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7431

Keywords:

Penalaran, Kemampuan, Matematika, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Kemampuan penalaran matematika sangat penting dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika. Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak peserta didik yang memiliki kemampuan penalaran matematika yang rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan penalaran peserta didik dalam belajar matematika adalah karena pembelajaran yang didominasi oleh guru. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran berdiferensiasi yang dapat memfasilitasi kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Waru pada tahun ajawa 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-3 yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan pengamatan dan refleksi (see), dimana penelitian ini akan berhenti jika terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematika peserta didik. Hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi telah meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas VII-3 SMP Negeri 4 Waru. Pada saat awal, kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas VII-3 SMP Negeri 4 Waru mencapai 20% dengan kualifikasi sangat rendah. Pada siklus I, kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas VII-3 SMP Negeri 4 Waru meningkat menjadi 53% dengan kualifikasi sangat rendah. Pada siklus II, kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas VII-3 SMP Negeri 4 Waru meningkat menjadi 70% dengan kualifikasi sedang.

References

Abidin, Z., Utomo, A. C., Pratiwi, V., & Farokhah, L. (2020). Project-Based Learning - Literacy in Improving Students’ Mathematical Reasoning Abilities in Elementary Schools. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 39. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i1.170
Ahmad, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Trigonometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik pada Kelas X SMA Negeri 11 Makasar. 1, 1–27.
Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Journal On Education, 01(02), 524–532. https:core.ac.uk/download/pdf/268404943.pdf
Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Numeracy, 7(2), 192–206. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167
Azizzah, N. N., Pramuditya, S. A., & Rosita, C. D. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. 9, 13–20.
d’Entremont, Y. (2015). Linking Mathematics, Culture and Community. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174(1999), 2818–2824. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.973
Drupadi, S. W., & Mumu, J. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Induktif Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Papua. Journal of Honai Math, 1(2), 113. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i2.1048
Gunawan, H., Rif’at, M., & Sayu, S. (2020). Influence of Problem Based Learning Model on Students’ Mathematical Reasoning Ability. International Journal of Learning Instruction, 1538(1), 95–98. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012078
Haryanti, C. F., & Masriyah. (2018). MATHE dunesa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 197–204. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429
Hasanah, S. I., Tafrilyanto, C. F., & Aini, Y. (2019). Mathematical Reasoning: The characteristics of students’ mathematical abilities in problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012057
Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan , Volume 1 N(September 2021), 1–12.
Khoeriyah, D. A. N., & Ahmad, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Padamara. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(1), 62. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i1.7943
Maidiyah, E., Anwar, N., Mailizar, M., Zaura, B., Suryawati, S., & Harnita, F. (2021). Mathematical Reasoning Ability of Junior High School Students Through Problem Based Learning Model with Ethnomathematical Nuance. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(2), 276–287. https://doi.org/10.15294/kreano.v12i2.30497
Mariyam, M., & Wahyuni, R. (2016). Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Centered Learning Pada Materi Peluang (Studi Eksperimen Di Kelas VIII SMP N 6 Singkawang). JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 74. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.86
Mendrofa, N. K., Dewi, I., Simamora, E., & Nias, U. (2022). Mathematics Learning Based on Multicultural Education to Realize Pancasila Students. 6(2), 281–293.
Saragih, S., Napitupulu, E. E., & Fauzi, A. (2017). Developing Learning Model Based on Local Culture and Instrument for Mathematical Higher Order Thinking Ability. International Education Studies, 10(6), 114. https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p114
Syarifuddin, & Nurmi. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021 / 2022. 2, 93–102.
Tomlinson, C. A. (2011). Differentiate instruction in mixed-ability classrooms. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/44098361/_Carol_Ann_Tomlinson__How_to_Differentiate_InstrucBookSee.org-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1631251576&Signature=YZi5pSld61OpLx2~tuG4isXixDt0Sg9yLDjEz0yeUm1X~y576UCjpIIUsfAzAEMlyH2OtfXM~95owzfu8j8R6kQCZ3v6IE
Wahyudin. (2018). Etnomatematika Dan Pendidikan Matematika Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1–19.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Haryanti, C. F. (2024). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Waru. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 135–144. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7431

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.