PENINGKATAN KESADARAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN LITERASI DIGITAL BAGI REMAJA PUTRI MELALUI PENDEKATAN PSIKOEDUKATIF KOMUNITAS
DOI:
https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v7i2.9852Keywords:
kesehatan reproduksi, remaja putri, literasi digital, psikoedukasi, pengabdian masyarakat, stuntingAbstract
Remaja putri merupakan kelompok strategis dalam siklus kehidupan masyarakat yang memegang peran penting dalam menciptakan generasi sehat dan berkualitas. Di Desa Tambak Kalisogo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, masih ditemukan tantangan terkait rendahnya literasi kesehatan reproduksi dan pemanfaatan teknologi digital di kalangan remaja. Kondisi ini diperburuk oleh tingginya angka pernikahan dini dan risiko stunting. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman remaja putri mengenai kesehatan reproduksi dan literasi digital sebagai bagian dari upaya pencegahan pernikahan dini dan reduksi stunting.
Metode yang digunakan adalah pendekatan Community-Based Research (CBR) yang menggabungkan keterlibatan dosen, mahasiswa, dan masyarakat. Kegiatan edukasi dilakukan dalam bentuk psikoedukasi partisipatif, diskusi kelompok, dan simulasi. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest yang diberikan kepada 21 peserta pada dua topik utama, yaitu kesehatan reproduksi remaja dan literasi digital. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2024.
Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata pada kedua topik. Nilai rata-rata pretest untuk kesehatan reproduksi adalah 8,29 dan meningkat menjadi 9,10 pada posttest. Pada literasi digital, skor meningkat dari 8,43 menjadi 9,43. Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatan edukatif berbasis komunitas yang disampaikan dengan pendekatan interaktif mampu meningkatkan kesadaran dan pemahaman remaja putri terhadap isu-isu penting yang berkaitan dengan kesehatan dan digitalisasi.
References
Bredow, Carrie A., Patricia V. Roehling, Alexandra J. Knorp, and Andrea M. Sweet. 2021. “To Flip or Not to Flip? A Meta-Analysis of the Efficacy of Flipped Learning in Higher Education.” Review of Educational Research 91(6): 878–918.
Cederbaum, Julie A., Chung H. Jeong, Chaoyue Yuan, and Jungeun Olivia Lee. 2020. “Sex and Substance Use Behaviors among Children of Teen Mothers: A Systematic Review.” Journal of Adolescence 79: 208–20.
Dashraath, Pradip et al. 2020. “Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Pandemic and Pregnancy.” American Journal of Obstetrics and Gynecology.
Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. 2020. Profil Dinas Kesehatan Sidoarjo 2020. Sidoarjo.
Kemenkes RI. 2020. “Angka Kematian Ibu Di Dunia.” Kemenkes 4(1).
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. “Sosialisasi Buku KIA Edisi Revisi Tahun 2020.” Kementrian kesehatan RI: 1–3.
Lambrechts, Mark J. et al. 2022. “Team Integrated Enhanced Recovery (TIGER) Protocol after Adolescent Idiopathic Scoliosis Correction Lowers Direct Cost and Length of Stay While Increasing Daily Contribution Margins.” Missouri medicine 119(2).
Pandow, Bilal Ahmad, Nihan Kutahnecioglu Inan, and S. Ananda. 2020. “Evaluation of a Flipped Classroom Model: A Case Study from Oman.” FIIB Business Review 9(1): 15–22.
Rana, Jayoti et al. 2021. “Survey of Health Care Providers’ Practices and Opinions Regarding Bacterial Sexually Transmitted Infection Testing Among Gay, Bisexual, and Other Men Who Have Sex With Men.” Sexually transmitted diseases 48(2): 94–102.
Sirkas, Kadri, Anne Juppo, Mirella Miettinen, and Mia Siven. 2022. “Could Paper Package Leaflet Be Left out from Hospital Products?” Exploratory Research in Clinical and Social Pharmacy 7.
Taşpolat, Ata, Fezile Özdamli, and Emrah Soykan. 2021. “Programming Language Training With the Flipped Classroom Model.” SAGE Open 11(2). https://doi.org/10.1177/21582440211021403 (December 22, 2021).
Wahyuni, Widia et al. 2022. “Kajian Pemanfaatan Media Pembelajaran Leaflet Terhadap.” Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi 5.
Yas, Atefeh, Fatemeh Z. Karimi, and Talat Khadivzadeh. 2024. “Breastfeeding Needs in Adolescent Mothers: A Systematic Review.” Sultan Qaboos University medical journal 24(3): 306–16.
Yoon, Seonghye, Seyoung Kim, and Minjeng Kang. 2020. “Predictive Power of Grit, Professor Support for Autonomy and Learning Engagement on Perceived Achievement within the Context of a Flipped Classroom.” Active Learning in Higher Education 21(3): 233–47.