PENINGKATAN ASUPAN NUTRISI IBU HAMIL EMESIS GRAVIDARUM MELALUI DUKUNGAN SUAMI/KELUARGA DAN KENAIKAN BERAT BADAN IBU HAMIL

  • Siti Mudlikah universitas muhammadiyah grasek
  • Munisah Munisah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nourma Yunita Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ghurotul B Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ervin Hariyani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aina Tusmma Salsabila Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

ABSTRAK


Perubahan fisik dan psikologis awal hamil menyebabkan perubahan sistem tubuh yang dapat menimbulkan berbagai gejala seperti mual muntah dan emosi yang tidak stabil pada ibu hamil. Mual muntah yang dialami ibu hamil  ibu hamil dapat menurunkan  nafsu makan dan berdampak pada gizi kurang yang ditentukan oleh kenaikan berat badan. Kekurangan gizi hamil akibat mual muntah (emesis gravidarum) beresiko terjadi status gizi buruk dan komplikasi kehamilan. Perubahan emosi tidak stabil dan cenderung meningkat saat proses hamil dapat meningkatkan timbulnya mual muntah yang dapat memperparah kondisi kesehatan ibu hamil.. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk peningkatan asupan nutrisi ibu hamil emesis gravidarum melalui dukungan suami/keluarga dan kenaikan berat badan ibu hamil. Metode kegiatan yang digunakan meliputi: pemberian penyuluhan kesehatan tentang asupan nutrisi ibu hamil, pendampingan suami/keluarga/keluarga, pemantauan kenaikan berat badan ibu hamil, Monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat diperoleh peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang asupan nutrisi, Peningkatan dukungan suami atau keluarga dan peningkatan berat badan ibu hamil. Pemantau berat badan ibu hamil harus dilakukan secara berkala untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.


 


Kata Kunci : Asupan Nutrisi, Dukungan Suami, Berat Badan, Ibu Hamil

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2022
How to Cite
MUDLIKAH, Siti et al. PENINGKATAN ASUPAN NUTRISI IBU HAMIL EMESIS GRAVIDARUM MELALUI DUKUNGAN SUAMI/KELUARGA DAN KENAIKAN BERAT BADAN IBU HAMIL. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 341-348, sep. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4310>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i3.4310.
Section
Articles