OPTIMALISASI INDUSTRI BATIK JONEGOROAN DI KABUPATEN BOJONEGORO

Authors

  • Nur Laily Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Dewi urip Wahyuni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Ikhsan Budi Rihardjo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Ardilla Ayu Kirana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i1.4988

Keywords:

MBKM, pemasaran, pengelolaan keuangan, produksi, kreatif, inovasi

Abstract

Memenuhi program merdeka belajar kampus merdeka yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat pada umumnya setiap perguruan tinggi di harapkan bisa bekerja sama dengan aktivitas yang di selenggarakan oleh masyarakat yang berkaitan dengan usaha masyarakat yang mempunyai nilai – nilai secara kultur salah satunya adalah batik. Sampai saat ini batik merupakan keunggulan handycraft dari masyarakat dari berbagai daerah tentunya harus di lestarikan keberadaannya terutama dari kualitas agar dapat sesuai dengan yang di harapkan oleh konsumen. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pengelolaanya secara konsisten dan continue untuk mengembangkan kreativitasnya dan seni karakter batik yang mana disesuaikan dengan daerahnya masing–masing. Mengingat berkembangnya kondisi lingkungan yang semakin mengglobal baik secara local maupun internasional maka kreativitas dan inovasi sangat di butuhkan agar dapat menumbuhkan ciri khas pada masing-masing daerah terhadap produksi sehingga dapat di kembangkan lagi menjadi batik tulis, printing, cap dan ecoprint dengan menggunakan pewarna alami. Fenomena yang terjadi pada batik marely jaya adalah pada saat covid 19 mengalami penurunan bahkan ada beberapa karyawan yang di rumahkan karena produksi batik mengalami penurunan, bahan untuk membuat batik juga mengalami kenaikan sehingga pembuatan batik berdasarkan pemesanan saja. Sekarang ini dengan beralihnya teknologi sumber daya manusia yang di miliki batik marely jaya masih kurang kompeten terutama di bidang: (1) pemasaran : masih belum  menggunakan e-commerce sehingga banyak yang belum tahu tentang batik marely jaya, (2) pengelolaan keuangan : masih menggunakan pencatatan sederhana sehingga masih tercampur dengan keuangan pribadi dan keuangan untuk usaha dan (3) produksi : masih kesulitan di dalam mengembangkan produksinya. Hal ini di sebabkan karena belum mempunyai meja desain/meja pola yang dapat memudahkan mitra di dalam mendesain batik, selain itu peralatan batik cap yang dimiliki masih terbatas dan masih tradisional. Hasil pelaporan ini menunjukkan bahwa batik marely jaya mulai melakukan inovasi dan kreatif agar desain batiknya dapat di kenal oleh masyarakat luas baik dalam negeri maupun luar negeri melalui e-commerce sehingga harapannya dapat meningkatkan produksinya lagi dan dapat memberdayakan masyarakat sekitarnya untuk bekerja kembali. Berkaitan dengan MBKM bagi mahasiswa maka dapat memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan yang di hadapi di lapangan seperti kemampuan, berinteraksi sosial, berkolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. Melalui MBKM ini mahasiswa dapat mempunyai pengalaman baik soft skill maupun hard skill sehingga akan terbentuk dengan kuat. Hal ini merupakan salah satu aktivitas yang dapat di banggakan karena adanya nilai – nilai secara historis terhadap masyarakat sekitarnya dan juga  Kegiatan MBKM bagi mahasiswa dan kampus.

 

 

References

Asadullah Khaskheli, Yun (2016) . A Review on the Importance of E-Commerce for SMEs in Pakistan . RISUS - Journal on Innovation and Sustainability 7(1)
Asghar Afshar Jahanshahi, Stephen X. Zhang, Alexander Brem. (2013). E-commerce for SMEs: empirical insights from three countries", Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 20 Issue: 4, pp.849-865, https://doi.org/10.1108/JSBED-03-2012-0039
Andry,J.F.(2017). Pengembangan Aplikasi Backup Dan Restore secara automatisasi menggunakan SDLC Untuk Mencegah Bencana. Jurnal Muara Sains, Teknologi dan Ilmu Kesehatan,1(10,29-38.
Ashari (2016). Pemrogaman Akuntansi Untuk Usaha Dagang menggunakan Microsoft Access. Elex media Komputindo. Jakarta
Maulana, Susilo, dan Riyadi. 2015. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 29, No. 1, Desember 2015.
Narsa dan Isnalita. (2017). SAK-ETAP Sebagai Solusi Overload Standar Akuntansi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Dan Koperasi. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan – Volume 1, Nomor 1, Hal. 44 – 65.
Pratiwi. (2012). Menyusun Laporan Keuangan Sederhana dengan Microsoft Excel. Media Ekonomi & Teknologi Informasi. Vol. 19, No. 1, hal. 64– 70.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Laily, N., Wahyuni, D. urip, Budi Rihardjo, I., & Kirana, A. A. (2023). OPTIMALISASI INDUSTRI BATIK JONEGOROAN DI KABUPATEN BOJONEGORO. DedikasiMU : Journal of Community Service, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i1.4988

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.