SOSIALISASI STRATEGI REBRANDING PADA UMKM PRODUK KREATIF DI KABUPATEN GRESIK

  • Nur Laily Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Ikhsan Budi Rihardjo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
  • Prijati Prijati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
  • Kurnia Kurnia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
  • Yudhi Sidharta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya

Abstract

Bisnis UMKM merupakan bidang yang sangat luas salah satunya sektor produk kreatif. Ragam produk kreatif atau kerajinan tangan memiliki nilai jual yang tinggi, keunggulannya terletak pada Keunikan dan artistiknya. Tantangan utama yang dihadapi  UMKM kerajinan adalah mayoritas belum memiliki brand yang bisa menarik konsumen dan meningkatkan penjualan . Pelaku UMKM Kerajinan di Kabupaten Gresik masih belum menemukan brand yang sesuai dengan identitas produknya, hal ini disebabkan UMKM belum memahami ilmu branding. Karena itu diperlukan pelatihan dan pendampingan strategi branding . Diharapkan dengan menerapkan Strategi rebranding, UMKM kerajinan mampu  untuk memperbarui citra brand,  dengan  memberikan nama baru, simbol, atau perubahan desain untuk merek yang sudah ada. Tujuannya untuk menciptakan identitas yang berbeda untuk sebuah brand, dari pesaingnya di pasar, dengan rebranding akan semakin mendekatkan hubungan baik di antara konsumen dengan UMKM, dapat memperbarui kondisi UMKM  sesuai dengan perkembangan perekonomian, untuk memperkenalkan nilai-nilai baru UMKM Kerajinan,  dengan penyesuaian nilai hingga keinginan konsumen, produk UMKM kerajinan  akan semakin banyak dikenal dan diminati, dampaknya keuntungan UMKM kerajinan akan semakin meningkat dan mampu bersaing dengan kompetior.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2022
How to Cite
LAILY, Nur et al. SOSIALISASI STRATEGI REBRANDING PADA UMKM PRODUK KREATIF DI KABUPATEN GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 521-526, nov. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4826>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4826.
Section
Articles