SOSIALISASI STRATEGI REBRANDING PADA UMKM PRODUK KREATIF DI KABUPATEN GRESIK

Authors

  • Nur Laily Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Ikhsan Budi Rihardjo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
  • Prijati Prijati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
  • Kurnia Kurnia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
  • Yudhi Sidharta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4826

Keywords:

UMKM, produk kreatif, kerajinan, strategi rebranding,

Abstract

Bisnis UMKM merupakan bidang yang sangat luas salah satunya sektor produk kreatif. Ragam produk kreatif atau kerajinan tangan memiliki nilai jual yang tinggi, keunggulannya terletak pada Keunikan dan artistiknya. Tantangan utama yang dihadapi  UMKM kerajinan adalah mayoritas belum memiliki brand yang bisa menarik konsumen dan meningkatkan penjualan . Pelaku UMKM Kerajinan di Kabupaten Gresik masih belum menemukan brand yang sesuai dengan identitas produknya, hal ini disebabkan UMKM belum memahami ilmu branding. Karena itu diperlukan pelatihan dan pendampingan strategi branding . Diharapkan dengan menerapkan Strategi rebranding, UMKM kerajinan mampu  untuk memperbarui citra brand,  dengan  memberikan nama baru, simbol, atau perubahan desain untuk merek yang sudah ada. Tujuannya untuk menciptakan identitas yang berbeda untuk sebuah brand, dari pesaingnya di pasar, dengan rebranding akan semakin mendekatkan hubungan baik di antara konsumen dengan UMKM, dapat memperbarui kondisi UMKM  sesuai dengan perkembangan perekonomian, untuk memperkenalkan nilai-nilai baru UMKM Kerajinan,  dengan penyesuaian nilai hingga keinginan konsumen, produk UMKM kerajinan  akan semakin banyak dikenal dan diminati, dampaknya keuntungan UMKM kerajinan akan semakin meningkat dan mampu bersaing dengan kompetior.

References

Ariano.M (2017). Pengaruh Rebranding Dan Repositioning Terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia. Jurnal Calyptra. Vol 6,No 2. Pp. 1452-1461

Aprilia. P. (2020) .Apa itu Rebranding? Kenapa Penting bagi Bisnis? Niagahoster online. https://www.niagahoster.co.id/blog/rebranding-adalah/
Kotler,P., Armstrong.G (2012). Prinsip- Prinsip Pemasaran .Edisi13. . Jakarta: Erlangga.
Mahmudin (2021). 5 Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan. Zahiraccounting online. https://zahiraccounting.com/id/blog/5-strategi-pemasaran-untuk-meningkatkan-penjualan/
Setiawati.S,D.,Ratnasari.M.,Futrawati.D.(2019) Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI. Vol. 2 No. 1.pp. 125-136.
Seftiandy.S., Rohmiati .S (2018) Strategi Rebranding E-Commerce Blanja.com Meningkatkan Brand Awareness melalui Iklan Televisi. Jurnal ISIP. Vol 15. No 1. Pp 29-43 DOI: 10.36451/j.isip.v15i1.12

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Laily, N., Rihardjo, I. B., Prijati, P., Kurnia, K., & Sidharta, Y. (2022). SOSIALISASI STRATEGI REBRANDING PADA UMKM PRODUK KREATIF DI KABUPATEN GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, 4(4), 521–526. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4826

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.