PEMBUATAN KATALOG PRODUK DAN WHATSAPP BUSINESS MEDIA PENINGKATAN PEMASARAN DAN PENJUALAN UMKM DI KELURAHAN MOJO, GUBENG, SURABAYA
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang difokuskan pada pendampingan pelatihan pembuatan katalog dan Whatsapp Business sebagai media peningkatan pemasaran UMKM Kelurahan Mojo, Gubeng Surabaya. Hasil survei awal, permasalahan yang dihadapi UMKM adalah bidang pemasaran yang belum luas, UMKM di Kelurahan Mojo sudah sangat maju dalam aspek produksi dan inovasinya. Namun produk UMKM yang bervariasi ini masih kurang ter-ekspos. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan solusi permasalahan yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan katalog produk dan Whatsapp Business bagi pelaku UMKM kelurahan Mojo. Metode yang dipergunakan adalah Pendekatan Participatory Action Research (PAR) merupakan motode yang melibatkan partisipasi aktif dari komunitas atau kelompok yang diteliti dalam seluruh proses penelitian, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, refleksi, hingga aksi perubahan. Metode ini bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan sekaligus memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh komunitas tersebut. Hasil dari kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan dihadiri 15 pelaku UMKM, peserta mampu mengoperasikan Whatsapp Business dalam HP dan pembuatan katalog. Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan aspek pemasarannya agar dapat menarik atensi dari calon konsumen yang lebih luas lagi.