MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN KEWIRAUSAHAAN DAN KETERAMPILAN DIGITAL MARKETING MELALUI PEMBUATAN KERAJINAN TALI KUR DAN MERAJUT WARGA DESA RAYUNGGUMUK, KECAMATAN GLAGAH, KABUPATEN LAMONGAN

  • Djoko Soelistya Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Slamet Asari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Khoirul Anwar Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan pelaksanaan penggunaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya secara langsung dalam masyarakat dengan tujuan untuk menyebarluaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan memenuhi tanggung jawab moral dalam upaya meningkatkan kemampuan masyarakat. Ini diharapkan dapat membantu percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mendorong kemandirian dalam berwirausaha dan mengembangkan keterampilan pemasaran digital melalui pembuatan kerajinan Tali Kur dan merajut oleh warga usia produktif di Desa Rayunggumuk, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, khususnya ibu-ibu dan remaja putri. Dengan cara ini, diharapkan warga dapat menciptakan usaha baru dan meningkatkan pendapatan tambahan untuk keperluan rumah tangga. Pelaksanaan kegiatan akan melibatkan pemberian ceramah dan pelatihan langsung tentang pembuatan kerajinan Tali Kur dan merajut, serta pelatihan dalam menggunakan marketplace untuk pemasaran digital. Peserta pelatihan akan terdiri dari 50 warga desa, terutama ibu-ibu dan remaja putri. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Rayunggumuk adalah munculnya semangat, motivasi, dan inovasi kemandirian dalam usaha baru. Warga dapat mengembangkan potensi sumber daya manusia mereka dan memberikan solusi terhadap masalah dengan mendapatkan pendapatan tambahan melalui penjualan hasil kerajinan tangan mereka. Ini dapat dilakukan melalui penjualan langsung atau melalui media sosial seperti Instagram Info Gresik, Channel YouTube UMG, dan situs web Desa Rayunggumuk. Harapannya, pencapaian dalam kerajinan tangan dari Desa Rayunggumuk akan dikenal oleh masyarakat luas dan membantu mengurangi tingkat kemiskinan di desa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 22, 2023
How to Cite
SOELISTYA, Djoko; ASARI, Slamet; ANWAR, Khoirul. MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN KEWIRAUSAHAAN DAN KETERAMPILAN DIGITAL MARKETING MELALUI PEMBUATAN KERAJINAN TALI KUR DAN MERAJUT WARGA DESA RAYUNGGUMUK, KECAMATAN GLAGAH, KABUPATEN LAMONGAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 437-449, nov. 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/6774>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i4.6774.