PENGEMBANGAN KURIKULUM KELOMPOK BELAJAR ABA 48 ALAM BUKIT RAYA KEBOMAS GRESIK

  • Slamet Asari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Yudhi Arifani

Abstract

Pengembangan Kurikulum merupakan aktifitas akademik yang sangat elementer dalam menentukan arah dan gambaran Pendidikan dalam tingkat satuan Pendidikan. Kelompok Belajar ABA 48 ABR merupakan institusi berbasis Pendidikan anak usia dini yang masih memerlukan pengembangan kurikulum yang menyesuaikan dengan kondisi serta tantangan yang diperlukan sekarang. Pada tingkat Kelompok Bermain (KB) Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang sekarang disebut dengan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi acuan untuk pembelajaran intrakurikuler pada pengembangan kurikulumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum KB agar dihasilkan dokumen kurikulum yang sesuai untuk perencanaan pembelajaran. Perancangan pembelajaran ini digunakan oleh KB dalam rangka mencapai Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Analisa kebutuhan serta input kebijakan pemerintah merupakan indikator dan referensi yang dijadikan acuan dalam pengembangan kurikulum di KB ABA 48 ABR ini yang didukung dengan data yang diperoleh atau dikumpulkan dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil Analisa kebutuhan dikembangkanlah produk dokumen kurikulum KB ABA 48 sesuai dengan kondisi yang diperlukan dalam konteks sekarang yaitu dokumen yang berisi struktur dan muatan kurikulum, beban belajar dan kalender Pengajaran, Silabus Mata Pelajaran, dan RPP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2023
How to Cite
ASARI, Slamet; ARIFANI, Yudhi. PENGEMBANGAN KURIKULUM KELOMPOK BELAJAR ABA 48 ALAM BUKIT RAYA KEBOMAS GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 319-328, sep. 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/5904>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i3.5904.