PENGUATAN MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN KADER ULAMA (PKU) MAJELIS ULAMA INDONESIA KABUPATEN GRESIK

Authors

  • Hasan basri Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sri Suryanti Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Surabaya
  • Ode Mohammad Man Arfa Dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Yudhi Arifani Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Djoko Soelistya Program Studi Magister Pendidikan Manajemen, Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i2.7818

Abstract

Ulama sebagai pewaris Nabi memiliki tugas dan tanggung jawab untuk terus melaksanakan tugas-tugas kenabian (prophetic) untuk melanjutkan misi Rasulullah saw., dalam membawa risalah Islam yang rahmatan lil ’alamin, menyampaikan ’ilmu pengetahuan, memperbaiki Keimanan dan Ketakwaan serta meluruskan akhlak umat khususnya di Kabupaten Gresik. Ulama adalah orang yang memiliki ilmu yang mumpuni (ulil Albab) memiliki sifat khasyyah, memiliki martabat mulia, banyak zikir, takwa, mencapai derajat iman dan keyakinan yang tinggi, komitmen dengan syariat Islam dan ajaran sehingga membawa dirinya memiliki sifat khasyyah (takut) hanya kepada Allah. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik sebagai pencetak kader ulama yang unggul dan kontemporer perlu kesungguhan dalam melakukan kaderisasi, Proses kaderisasi yang dilakukan selama ini masih dikelola dengan manajemen biasa, namun telah tertata sistematis dan menggunakan kurikulum yang mengacu pada kurikulum PKU-MUI Pimpinan Pusat.  Hal ini dimaksudkan agar proses pengaderan yang dilangsungkan berpijak pada panduan resmi pendidikan kader ulama serta dapat menerapkan manajemen yang baik sehingga dapat menghasilkan PKU, yang berkualifikasi, dan kualitas yang memenuhi kriteria minimal sebagai kader MUI Kabupaten Gresik. Metode Pelaksanaan pengabdian ini; Pertama identifikasi dan sosialisasi program pengabdian PKU bersama MUI terhadap hasil pendidikan kader Ulama selama 3 tahun terakhir. Kedua Pembentukan tim instruktur penyusunan kurikulum PKU-MUI Kabupaten Gresik. Ketiga Penyelenggaraan workshop dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap proses perkaderan di PKU-MUI Kabupaten Gresik. Hasil kegiatan pengabdian ini seluruh peserta mampu memahami daan menyusun kurikulum sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi terkini. Kemudian, peerta mampu mengimplementasikan dan mengevaluasi kurikulum yang telah disusun

References

Ningsih, I. W., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2022). Membangun Pendidik Berkarakter Profetik Melalui Konsep Mujahid, Muaddib, Muwwahid, Mujaddid di Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).
Febriyanto, T., Dityasari, A., & Kartika, I. (2022). Sains-Teknologi-Islam-Masyarakat (STIM) Sebagai Inovasi Pembelajaran IPA Terintegrasi-Interkoneksi. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 89.
Syarif, Z. (2014). Pendidikan profetik dalam membentuk bangsa religius. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1-16.
Jamil, N. A., Masyhuri, M., & Ifadah, N. (2023). Perspektif Sejarah Sosial dan Nilai Edukatif Pesantren dalam Pendidikan Islam. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 3(2), 197-219.
Tantowi, H. A. (2022). Pendidikan Islam di era transformasi global. PT. Pustaka Rizki Putra.
Sebayang, P. R. (2023). Peran Institusi Pendidikan dalam Menciptakan Kader Da’i Profesional di Mandailing Natal. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 5(2), 305-320.
Fatmawati, E., & Pd, M. (2015). Profil Pesantren Mahasiswa; Karakteristik Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Peran Pemimpin Pesantren. LKIS Pelangi Aksara.
Nisak, R. (2022). Transformasi Kurikulum pada Aspek Sosial Budaya di Mahad Aly Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Nata, H. A., & Yakub, H. A. (2023). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Prenada Media.
Ingersoll, R. M., & Strong, M. (2011). The impact of induction and mentoring programs for beginning teachers: A critical review of the research. Review of educational research, 81(2), 201-233.
Gibbs, G., & Coffey, M. (2004). The impact of training of university teachers on their teaching skills, their approach to teaching and the approach to learning of their students. Active learning in higher education, 5(1), 87-100.
Hobson, A., Maxwell, B., Stevens, A., Doyle, K., & Malderez, A. (2015). Mentoring and coaching for teachers in the further education and skills sector in England.
Meiklejohn, J., Phillips, C., Freedman, M. L., Griffin, M. L., Biegel, G., Roach, A., ... & Saltzman, A. (2012). Integrating mindfulness training into K-12 education: Fostering the resilience of teachers and students. Mindfulness, 3, 291-307.
Barab, S. A., ILF Design Team sbarab@ indiana. edu, Makinster, J. G., Moore, J. A., & Cunningham, D. J. (2001). Designing and building an on-line community: The struggle to support sociability in the inquiry learning forum. Educational Technology research and development, 49, 71-96.
Ørngreen, R., & Levinsen, K. T. (2017). Workshops as a research methodology. Electronic Journal of E-learning, 15(1), 70-81.
Wang, J. (2001). Contexts of mentoring and opportunities for learning to teach: A comparative study of mentoring practice. Teaching and teacher education, 17(1), 51-73.
Eller, L. S., Lev, E. L., & Feurer, A. (2014). Key components of an effective mentoring relationship: A qualitative study. Nurse education today, 34(5), 815-820.
Garringer, M., Kupersmidt, J., Rhodes, J., Stelter, R., & Tai, T. (2015). Elements of effective practice for mentoring [TM]: Research-informed and practitioner-approved best practices for creating and sustaining impactful mentoring relationships and strong program services. MENTOR: National Mentoring Partnership.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

basri, H., Suryanti, S., Arfa, O. M. M., Arifani, Y., & Soelistya, D. (2024). PENGUATAN MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN KADER ULAMA (PKU) MAJELIS ULAMA INDONESIA KABUPATEN GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, 6(2), 275–285. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i2.7818