PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ABAD 21 BAGI GURU-GURU SMP LABSCHOOL UNTAD
Abstract
Pada abad 21 ini telah terjadi pergeseran pembelajaran yang signifikan dari pembelajaran yang berpusat pada pendidik bergeser ke pembelajaran yang berpusat pada peserta didik begitu pula orientasi pembelajaran dari bersifat pengetahuan ke pembelajaran berorientasi pada keterampilan. Pemerintah melalui BNSP merumuskan 5 framework kemampuan yang harus ditanamkan dalam pembelajaran di abad 21 yaitu; 1) Critical-thinking and problem-solving skills, 2) Communication, and collaboration skills, 3) Creativity and innovation Skills, 4) Information and communication technology literacy, and 5) Contextual learning skills. Namun kenyataannya di SMP Labschool Untad pembelajaran yang yang menekankan pada keterampilan abad 21 belum sepenuhnya dilaksanakan. Guru-guru belum memahami keseluruhan keterampilan abad 21 dan belum menerapkan semua keterampilan abad 21 ini dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tim pengabdi memilih metode pendampingan dalam memecahkan permasalahan mitra. Proses pendampingan dilakukan selama tiga hari yaitu tanggal 5, 6, dan 9 Agustus 2023, dihadiri sebanyak 20 orang guru SMP Labschool Untad Palu. Hasil kegiatan pengabdian berupa perangkat pembelajaran untuk kelas VIII dan IX yang masih menggunakan Kurikulum K-13 dan modul ajar untuk kelas VII yang sudah menggunakan kurikulum Merdeka. Hasil kegiatan juga menunjukkan bahwa pemahaman guru-guru SMP Labschool Untad tentang keterampilan Abad 21 dan cara mengimplementasikan di ruang kelas mengalami peningkatan.