APLKASI PEMBELAJARAN BALOK DAN KUBUS DI TENGAH PANDEMI COVID-19

  • Ganis Irham Fanani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Iqnatia Alfiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Badan Kesehatan Dunia (WHO) Secara resmi menyatan virus corona COVID-19 sebagai pandemi. Menurut WHO, pandemi adalah skala penyebaran penyakit yang terjadi secara global diseluruh dunia. Suatu wabah sebagai pandemi artinya WHO memberi alarm pada pemerintah semua negara dunia untuk mencegah atau menangani wabah. Guna untuk memutus rantai penyebaran covid-19 Pemerintahan Indonesia juga telah mengeluarkan surat edaran tentang pedoman penyelengaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19), Artinya  pendidikan di Indonesia yang awalnya dilakukan dengan secara tatap muka sekarang dilaksanakan dengan cara daring atau online. Banyak kendala-kendala yang dialami saat pembelajaran dilakukakan secara daring. Mulai dari keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya pemahaman dari seorang pendidik dan peserta didik di dalam dunia tekhnologi dan masih banyak lagi faktor-faktor yang menghambat proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis memberikan sebuah Aplikasi pembelajaran tentang Bab Balok dan kubus dalam mata pelajaran matematika Kelas 4 SD/MI yang bertujuan untuk membantu guru didalam menyampaikan sebuah materi dan membantu peserta didik untuk memahami sebuah materi. Dan aplikasi ini juga cocok untuk belajar ketika di rumah karena aplikasi ini juga aplikasi offline dalam arti peserta didik tidak perlu mengeluarkan biaya apapun ketika belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 31, 2021
How to Cite
IRHAM FANANI, Ganis et al. APLKASI PEMBELAJARAN BALOK DAN KUBUS DI TENGAH PANDEMI COVID-19. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 970-977, aug. 2021. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3013>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i3.3013.