KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA JIWA INTREPRENEUR SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 2 BANYUTENGAH PANCENG GRESIK

Authors

  • admin admin
  • Ode Moh Man A.L.

DOI:

https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.68

Keywords:

kreatifitas, guru pendidikan kewarganegaraan, jiwa intrepreneurship

Abstract

Guru adalah figur yang mempunya posisis dan peran strategis yang menentukan intensitas kualitas  suatu bangsa,  Mengingat  eksistensinya sebagai pendidik yang bertanggung jawab mencerdaskan bangsa. Sehebat apapun kurikulum, metode dan teknologi pendidikan yang dimiliki untuk menyelenggarakan pendidikan, tidak akan memberi dampak positik tampa kehadiran guru yang mampu berkreatifitas mengelola proses pendidikan tersebut. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan fenomenologi untuk memahami pandangan-pandangan atau pemikiran subjek yang diteliti. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Banyutengah Panceng Gresik. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian kualitatif bersifat deskriptif, bukan angka, berupa gejala-gejala, kejadian dan peristiwa yang kemudian ditelaah menurut kategori-kategori yang terdiri dari  data primer dan data sekunder, data tentang kreativitas guru dalam pembinaan jiwa entrepreneur siswa, berkaitan dengan (1). Kreativitas guru, (2). Pembinaan jiwa entrepreneur siswa (3). Efektivitas kreativitas guru  PKn  dalam pembinaan jiwa entrepreneur siswa yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik anasilisis deskriptif kualitatif, interpretatif dan dikaji berdasarkan teori untuk memahami konteks masalah secara luas dan mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Kreativitas guru yang muncul merupakan respons positif yang harus diberikan sebagai upya untuk memenuhi target tujuan pendidikan, dalam kondisi sarana dan prasarana pembelajaran yang tidak mamadai. (2). Penbinaan jiwa entrepreneur siswa kelas 2 Aliyah dilaksanakan dengan pola preventif, menerapkan metode  Halaqoh. sehingga berhasil menjadikan mereka siswa jujur dan bertanggungjawab, dibuktikan kesuksesan para siswa mengelola . (3). Efektivitas kreativitas guru dalam membina jiwa entrepreneur siswa dicapai melalui akunulasi  elemen kreativitas yang dimiliki guru  dalam
bekerjasama antara sesame guru, dan  bersinergi dengan siswa secara partnership, sehingga menghasilkan  kegiatan Bazar Murah  yang merupakan refleksi jiwa entrepreneur siswa.

Published

2017-11-04

How to Cite

admin, admin, & Man A.L., O. M. (2017). KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA JIWA INTREPRENEUR SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 2 BANYUTENGAH PANCENG GRESIK. Tamaddun : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 1–15. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.68

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.