KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA JIWA INTREPRENEUR SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 2 BANYUTENGAH PANCENG GRESIK
Abstract
Guru adalah figur yang mempunya posisis dan peran strategis yang menentukan intensitas kualitas suatu bangsa, Mengingat eksistensinya sebagai pendidik yang bertanggung jawab mencerdaskan bangsa. Sehebat apapun kurikulum, metode dan teknologi pendidikan yang dimiliki untuk menyelenggarakan pendidikan, tidak akan memberi dampak positik tampa kehadiran guru yang mampu berkreatifitas mengelola proses pendidikan tersebut. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan fenomenologi untuk memahami pandangan-pandangan atau pemikiran subjek yang diteliti. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Banyutengah Panceng Gresik. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian kualitatif bersifat deskriptif, bukan angka, berupa gejala-gejala, kejadian dan peristiwa yang kemudian ditelaah menurut kategori-kategori yang terdiri dari data primer dan data sekunder, data tentang kreativitas guru dalam pembinaan jiwa entrepreneur siswa, berkaitan dengan (1). Kreativitas guru, (2). Pembinaan jiwa entrepreneur siswa (3). Efektivitas kreativitas guru PKn dalam pembinaan jiwa entrepreneur siswa yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik anasilisis deskriptif kualitatif, interpretatif dan dikaji berdasarkan teori untuk memahami konteks masalah secara luas dan mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Kreativitas guru yang muncul merupakan respons positif yang harus diberikan sebagai upya untuk memenuhi target tujuan pendidikan, dalam kondisi sarana dan prasarana pembelajaran yang tidak mamadai. (2). Penbinaan jiwa entrepreneur siswa kelas 2 Aliyah dilaksanakan dengan pola preventif, menerapkan metode Halaqoh. sehingga berhasil menjadikan mereka siswa jujur dan bertanggungjawab, dibuktikan kesuksesan para siswa mengelola . (3). Efektivitas kreativitas guru dalam membina jiwa entrepreneur siswa dicapai melalui akunulasi elemen kreativitas yang dimiliki guru dalam
bekerjasama antara sesame guru, dan bersinergi dengan siswa secara partnership, sehingga menghasilkan kegiatan Bazar Murah yang merupakan refleksi jiwa entrepreneur siswa.