PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DALAM PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA BAGI UMKM BESI TUA DI DESA KLAMPOK KECAMATAN BENJENG

  • Yayuk Musrini Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Suwandi Suwandi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Anwar Hariyono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Suwarno Suwarno Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pentingnya pembukuan untuk perusahaan merupakan hal yang harus diperhatikan karena kerap kali pemilik bisnis mencampur keuangan pribadi dan perusahaan yang nantinya akan membingungkan pemilik bisnis. Berawal dari pembukuan yang nanti akan berlanjut ke laporan keuangan. Banyak yang tidak sadar jika tanpa adanya pembukuan laporan keuangan dalam suatu usaha rawan terjadinya kesalahan fatal seperti memanipulasi keluar masuknya keuangan, sehingga para pelaku usaha tidak bisa menganalisa hasil usahanya secara tepat. Faktanya, sangat penting untuk memperhatikan arus masuk dan arus keluar keuangan harian. Dengan pencatatan laporan keuangan ini, pemilik usaha dapat mengetahui beberapa pendapatan dan pengeluaran masing- masing dalam periode tertentu dan dapat membedakan mata uang pribadi dan mata uang mana yang diperdagangkan. Manfaatnya: Melacak Pengeluaran, Membantu Pembuatan Anggaran, Pembayaran Pajak, Membantu Analisis, Pembuatan Keputusan, Manajemen Keuangan, Kemudahan Pelaporan pada Investor. Oleh karena itu sekecil apapun bisnis yang digeluti, seorang pengusaha harus mengerti pentingnya pembukuan untuk perusahaannya. Dengan demikian, bisa diketahui hasil yang diperoleh dan mengalokasikannya untuk rencana usaha kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 26, 2023
How to Cite
MUSRINI, Yayuk et al. PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DALAM PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA BAGI UMKM BESI TUA DI DESA KLAMPOK KECAMATAN BENJENG. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 150-153, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6624>. Date accessed: 22 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6624.
Section
Articles