MENUMBUHKAN KEBIASAAN DAN STRATEGI EFEKTIF DALAM MENABUNG SEJAK DINI DI SDN 265 GRESIK

  • Nur Cahyadi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Najwa Nurjannah Nafisah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Della Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wahyu Putri Utami Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Yogi Ade Pratama Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Abdul Kholiq Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan dan strategi efektif
dalam menabung sejak di SDN 265 Gresik di Desa Racikulon. Penelitian
dilakukan dengan melibatkan siswa- siswi SDN 265 Gresik sebagai subjek
penelitian. Metodeyang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan
penyuluhan kepada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kebiasaan menabung pada anak-anak sekolah dasar sangat penting untuk
mengembangkan pola pikir yang baik terkait pengelolaan keuangan dimasa
depan. Namun, ditemukan bahwa banyak siswa tidak memiliki pemahaman yang
memadai tentang pentingnya menabung dan cara melakukannya.Untuk
mengatasi masalah ini, kami memberikan strategi yang efektif dalam
mengajarkan cara menabung kepada siswa. Strategi yang diterapkan meliputi
penggunaan permainan edukatif, cerita pendek, dan simulasi keuangan. Melalui
pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan siswa-siswa SDN 265 Gresik dapat
meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya menabung sejak dini.
Selain itu, diharapkan juga tercipta lingkungan yang mendukung dalam
mengembangkan kebiasaan menabung, baik di sekolah maupun di rumah.
Dengan demikian, diharapkan siswa-siswa dapat memiliki keterampilan
keuangan yang baik dan siap menghadapi masa depan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 10, 2024
How to Cite
CAHYADI, Nur et al. MENUMBUHKAN KEBIASAAN DAN STRATEGI EFEKTIF DALAM MENABUNG SEJAK DINI DI SDN 265 GRESIK. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 2, n. 1, oct. 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/8618>. Date accessed: 03 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.8618.
Section
Articles