PENERAPAN DAPUR HIDUP, ATASI LIMBAH RUMAH TANGGA PERKUAT EKONOMI KELUARGA DI DESA SENDANGDUWUR KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN

  • Indira Aulia Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sari Rakawali Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rifatul Hidayah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Suwandi Suwandi Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Untuk mengatasi masalah rendahnya budaya makan sayur yang disebabkan oleh mahalnya harga sayur, serta terbatasnya lahan tanam penghasil sayur di Desa Sendangduwur. Perlu adanya kegiatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Sosialisasi, edukasi serta Tranfer teknologi. Penerapan Dapur hidup dan teknologi pembuatan kompos sederhana berbahan dasar limbah organik rumah tangga menjadi topik yang sangat bermanfaat karna berkaitan dengan masalah yang ada di desa. Kegiatan ini disosialisasikan dan didemonstrasikan pada Kelompok ibu PKK Desa Sendangduwur dengan harapan mampu dilaksanakan secara berkelanjutan guna mengatasi masalah pengolahan limbah organik rumah tangga yang ada di desa, memperkuat ketahanan pangan dan ekonomi Desa dengan memanfaatkan lahan sempit sekitar rumah menjadi lahan budidaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 24, 2023
How to Cite
AULIA, Indira et al. PENERAPAN DAPUR HIDUP, ATASI LIMBAH RUMAH TANGGA PERKUAT EKONOMI KELUARGA DI DESA SENDANGDUWUR KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 36-42, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6588>. Date accessed: 22 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6588.
Section
Articles