PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KARYA SENI PATUNG PADA MATA PELAJARAN SBDP MI TARBIYATUL HUDA DESA SENDANGDUWUR

  • Uswah Devi Qurrota A’yun Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nafa Pravita Zalianty Universitas Muhammadiyah Gresik
  • wahyu Novitasari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Karnoto Putri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Suwandi Suwandi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dodi Jaya Wardana Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Desa Sendangduwur merupakan desa yang terkenal oleh potensi UMKM yang ada, seperti kerajinan batik tulis, emas dan juga border. Sehingga dengan adanya kerajinan tersebut menjadikan masyrakat atau anak Desa Sendangduwur sangat kreativitas. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar melakukan kegiatan praktik pengembangan kreativitas peserta didik melalui karya seni patung di MI Tarbiyatul Huda. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui keefektifan penggunaan bahan utama tepung terigu dalam pembuatan karya seni patung, (2) untuk mengetahui proses pembuatan patung. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hasil pembuatan patung berbahan tepung terigu memiliki bentuk proporsi yang ideal, dari segi komposisi karya patung ini memiliki tata susun yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, dan keselarasan yang sangat baik, serta dari segi pewarna karya patung ini memiliki gelap terang yang sangat baik. Dengan adanya praktik membuat karya seni patung pada pembelajaran SBDP ini diharapkan warga Desa Sendangduwur khususnya anak-anak MI Tarbiyatul Huda kelas 6 dapat lebih memahami bahwa membuat patung tidak hanya menggunakan tanah liat dan plastisin tetapi menggunakan bahan yang ditemui sehari-hari seperti tepung terigu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 3, 2024
How to Cite
A’YUN, Uswah Devi Qurrota et al. PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KARYA SENI PATUNG PADA MATA PELAJARAN SBDP MI TARBIYATUL HUDA DESA SENDANGDUWUR. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 86-92, jan. 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/7093>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.7093.
Section
Articles