SOSIALISASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA MENDORONG PERTUMBUHAN UMKM DI DESA LASEM
Abstract
E ISSN 3030-8895
598
Seminar Hasil
Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kuliah Kerja Nyata
SOSIALISASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI
UPAYA MENDORONG PERTUMBUHAN UMKM DI
DESA LASEM
Nataria Wahyuning Subayani, M.Pd1, Yusrod Diana 2, Kholifatul Ummah 3, Novia
Rosidah4, Muhammad Feziv Firdaus5, Muhammad Gilang Ramadhan Atthoriq6
1
Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah
Gresik 2,3,4,5,6Mahasiswa Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Gresik
Email: nataria@yahoo.com
Email:
yusroddiana@gmail.com
Email:
kholifatulummah473@gmail.com
Email: rosyidahnoviya@gmail.com
Email: feziffirdaus12345@gmail.com
Email: gilangramadhanatthoriq@gmail.com
ABSTRAK
Pertumbuhan UMKM di Desa Lasem memiliki potensi yang besar, namun mereka
sering menghadapi tantangan dalam memasarkan produk dan mencapai target pasar
yang lebih luas. Melalui sosialisasi digital marketing, UMKM di Desa Lasem dapat
memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital untuk memperluas
jangkauan pasar mereka. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya sosialisasi
digital marketing dalam mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
(UMKM) di Desa Lasem. Di era digital yang semakin maju, adopsi teknologi digital
menjadi kunci sukses bagi UMKM untuk berkembang dan bersaing secara efektif. Dengan
mengoptimalkan potensi digital melalui sosialisasi digital marketing, UMKM di Desa
Lasem dapat mengatasi kendala geografis dan meningkatkan daya saing mereka dalam
dunia bisnis yang semakin terhubung. Pasar digital menawarkan peluang tak terbatas
untuk pertumbuhan dan kesuksesan UMKM, dan dengan pemahaman yang tepat tentang
strategi pemasaran digital, UMKM di Desa Lasem dapat mengambil keuntungan penuh
dari potensi ini.