IMPLEMENTASI ALAT PERAGA LUBARMAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 7 PACIRAN

  • Devi Kurniawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Difa Salsabila Fauziah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Elok Vilantika Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Dalam proses pembelajaran sudah sangat dianjurkan guna membantu menumbuhkan pemikiran yang teratur dan sistematis terhadap peserta didik. Pada pembelajaran Matematika penggunaan alat peraga sangatlah penting terutama dimasa Kurikulum Merdeka. Dalam pelaksanaan program kerja KKN, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik Program Studi Pendidikan Matematika diberi kesempatan untuk melakukan implementasi alat peraga dengan nama LuBarMat (Ludo Aljabar Matematika) Salah satu ciri Matematika adalah objek pengajarannya bersifat abstrak. Penggunaan alat peraga pada SMP Muhammadiyah 7 Paciran yang terletak di Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Pada pembelajaran Matematika, peserta didik SMP Muhammadiyah 7 Paciran memiliki minat belajar yang kurang dikarenakan terdapat kesulitan dalam memahami materi yang telah disampaikan dan pembelajaran Matematika dianggap membosankan. Media pembelajaran LuBarMat yang mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika rancang adalah media pembelajaran yang digunakan untuk memahamkan peserta didik mengenai materi Aljabar serta untuk meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran Matematika dengan mengimplementasikan media pembelajaran Matematika berupa alat peraga yang telah dibuat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 20, 2023
How to Cite
KURNIAWATI, Devi; FAUZIAH, Difa Salsabila; VILANTIKA, Elok. IMPLEMENTASI ALAT PERAGA LUBARMAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 7 PACIRAN. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 6-13, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6572>. Date accessed: 06 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6572.
Section
Articles