Pengenalan Alat Peraga Matematika Pada Bimbingan Belajar Di Kelurahan Kebungson
Abstract
Pendidikan sebagian besar telah dilakukan dalam sekolah formal, namun tidak selamanya pendidikan disekolah formal berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini nampak dari sebagian anak menunjukkan hasil prestasi yang kurang maksimal dan semangat motivasi untuk belajar masih kurang. Berbagai upaya untuk mengatasi problematika pendidikan ini dapat dilakukan, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajar yang merupakan bagian dari bentuk pengabdian pada masyarakat. Kegiatan program kerja KKN Prodi Pendidikan Matematika ini menyusung kegiatan “Pengenalan Alat Peraga Matematika pada Bimbingan Belajar di Kelurahan Kebungson”. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat tersebut mendapat sambutan positif dari pihak sekolah, terutama karena pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan mereka dan motivasi peserta pelatihan cukup antusias. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan bimbingan belajar matematika di Posko KKN Kelurahan Kebungson, dapat mengenalkan pembelajaran yang menyenangkan melalui penggunaan media pembelajaran dan meningkatkan prestasi akademik siswa dalam bidang matematika. Serta menepis stigma bahwa matematika adalah ilmu yang menakutkan.