Workshop Pembuatan Damar Kurung Dalam Upaya Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Pada Santri Pondok Putra Madnatul Ilmi Kelurahan Kebungson

  • Umi Chotijah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Anita Handayani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wasti Reviandani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ahmada Fajar Romadlon Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Indra Taufikul Hanafi Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Mempunyai semangat untuk berwirausaha sangat penting di masa sekarang dimana perkembangan teknologi makin masif sehingga pelung pekerjaan semakin sedikit. Pentingnya menumbuhkan jiwa kewirausahaan di usia muda tidak hanya menciptakan peluang ekonomi yang berkelanjutan, tetapi juga membentuk individu-individu yang kreatif, inovatif, dan tangguh di era yang terus berubah. Jiwa kewirausahaan memicu kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, mencari solusi inovatif, dan mengambil risiko yang terukur dalam menghadapi tantangan bisnis. Tetapi berkewirausahaan saat ini masih belum disadarai khususnya anak muda, kenyataannya para santri kelas dua belas di Pondok madinatul ilmi masih belum menyadari potensi berwirausaha yang sangat luas. Untuk itu dilakukan kegiatan berupa workshop pembuatan damar kurung yang mempunyai nilai tradisi dan inovasi dalam ekonomi kreatif. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan penjelasan dalam segi sejarah, budaya, tatacara pembuatan, dan produk pengembangan serta pelung usaha dari damar kurung. Metode workshop dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha. Kegiatan workshop ini berjalan lancar dibuktikan dengan peserta mampu memahami dan dapat membuat damar kurung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 14, 2024
How to Cite
CHOTIJAH, Umi et al. Workshop Pembuatan Damar Kurung Dalam Upaya Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Pada Santri Pondok Putra Madnatul Ilmi Kelurahan Kebungson. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 104-108, june 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/7875>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i2.7875.
Section
Articles