IMPLEMENTASI GERAKAN INOVATIF MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MI MUHAMMADIYAH 18 SIDODADI MELALUI PELATIHAN ECOPRINTING

  • Ida Bayu Khori’ana Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Anita Firdaus Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dheva Adhelia Talisa Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Yanuar Pandu Negoro Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kemampuan kreatif anak MI Muhammadiyah 18 Sidodadi masih belum maksimal menurut evaluasi awal. Minimnya kegiatan praktik dalam pembelajaran SBDP yang didominasi oleh guru, membatasi ruang gerak siswa untuk berkreasi dan menyalurkan ide atau pemikirannya untuk mengembangkan kemampuan kreatif, sehingga menyebabkan siswa hanya fokus pada konten tanpa adanya kegiatan praktik. Selain itu, strategi yang digunakan guru untuk mengembangkan karakter dan kreativitas siswa kurang menarik sehingga siswa mudah bosan. praktik. Program Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Gresik dilandasi oleh hal tersebut. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Berupa Implementasi Gerakan Inovatif Mahasiswa dalam pengembangan karakter dan kreativitas Peserta Didik MI Muhammadiyah 18 Sidodadi Melalui Pelatihan Ecoprinting. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan ecoprint untuk Peserta didik kelas 6 Mi Muhammadiyah 18 sidodadi: Tahap Persiapan, Tahap Pelatihan, dan Tahap Evaluasi. Kegiatan tersebut bertujuan Menjadikan karakter peserta didik yang unggul serta meningkatkan kreativitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 24, 2023
How to Cite
KHORI’ANA, Ida Bayu et al. IMPLEMENTASI GERAKAN INOVATIF MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MI MUHAMMADIYAH 18 SIDODADI MELALUI PELATIHAN ECOPRINTING. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 74-80, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6608>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6608.
Section
Articles