IMPLEMENTASI ALAT PERAGA INTERAKTIF PAPAN NIPA UNTUKMENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 2 UPT SD NEGERI 267 GRESIK

  • Saffanah Ziyan Salsabiela Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Enggar Ihzatul Mahfudah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Diah Ratnasari Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Peserta didik di UPT SD Negeri 267 Gresik khususnya kelas 2 merasa kesulitan belajar matematika pada materi nilai tempat bilangan. Hasil observasi awal menunjukan bahwa mereka membutuhkan pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai efektivitas papan NIPA (Nilai Tempat Bilangan) sebagai alat peraga dalam pembelajaran matematika untukmeningkatkan minat belajar individu peserta didik sekolah dasar. Papan NIPA dirancang untuk memvisualisasikan konsep nilai tempat bilangan secara jelas dan interaktif. Metode kegiatan ini adalah pendekatan dengan desain eksperimen,melibatkan sekelompok peserta didik yang menggunakan papan NIPA dan sekelompok peserta didik lainnya yang belajar dengan metode tradisional. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan evaluasi hasil tes sebelum dan sesudah penerapan alat peraga. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta didik yang menggunakan papan NIPA mengalami peningkatan minat belajar matematika yang signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode tradisional. Kesimpulan kegiatan ini bahwa papan NIPA dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi individu peserta didik dalam belajarmatematika, memberikan kontribusi positif terhadap proses pendidikan di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 3, 2024
How to Cite
ZIYAN SALSABIELA, Saffanah; IHZATUL MAHFUDAH, Enggar; RATNASARI, Diah. IMPLEMENTASI ALAT PERAGA INTERAKTIF PAPAN NIPA UNTUKMENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 2 UPT SD NEGERI 267 GRESIK. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 2, n. 1, dec. 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/8881>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.8881.
Section
Articles