SOSIALISASI DAN PELATIHAN BUDIKDAMBER (BUDIDAYA IKAN DALAM EMBER) SEBAGAI SOLUSI KETAHAN PANGAN DI KELURAHAN BLIMBING KABUPATEN LAMONGAN

  • Della Nur Afifah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Pandu Wicaksana Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Fatchu Rozaq Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Elok Vilantika Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kelurahan Blimbing merupakan salah satu wilayah dengan penduduk terpadat diKabupaten Lamongan, dimana luas wilayahnya sendiri mencapai 93,430 ha dengan jumlah penduduk 23.000 jiwa sehingga membuat Kelurahan Blimbing kekurangan lahan untuk melakukan berbagai kegiatan. Masyarakat Kelurahan Blimbing yang mayoritas merupakan nelayan dan komoditas unggulannya yaitu perikanan laut sehingga masyarakat jarang mengonsumsi perikanan air tawar. Budikdamber merupakan gabungan antara budidaya ikan dan budidaya sayuran dalam satu wadah, dan juga merupakan salah satu solusi pemanfaatan lahan sempit, menghemat biaya dan tenaga. Budikdamber ini bertujuan sebagai ketahanan pangan masa depan, agar perikanan air tawar tidak terlupakan oleh masyarakat Blimbing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 20, 2023
How to Cite
AFIFAH, Della Nur et al. SOSIALISASI DAN PELATIHAN BUDIKDAMBER (BUDIDAYA IKAN DALAM EMBER) SEBAGAI SOLUSI KETAHAN PANGAN DI KELURAHAN BLIMBING KABUPATEN LAMONGAN. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-5, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6571>. Date accessed: 06 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6571.
Section
Articles