Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Newman’s Analysis Error (NEA) Ditinjau Dari Gaya Belajar

Authors

  • Indah Khoirun Nisa’ Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v1i1.1683

Keywords:

Analisis Kesalahan, Newman’s Analysis Error, Gaya Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika MTs Negeri 1 Gresik didapatkan bahwa masih terdapat peserta didik yang belum bisa menyelesaikan soal matematika terutama soal cerita matematika dengan baik dan benar. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah perbedaan karakteristik peserta didik dalam memahami suatu konsep materi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Perbedaan individu dalam memahami suatu materi atau konsep tertentu disebut gaya belajar. Gaya belajar yang dimaksud adalah gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan adalah dengan menganalisis kesalahan peserta didik dalammenyelesaikan soal cerita matematika. Analisis yang digunakan adalah Newman’s Analysis Error. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek padapenelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C MTs N 1 Gresik sebanyak 31 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes analisis kesalahan dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan peserta didik dengan gaya belajar visual memiliki rata-rata persentase kesalahan dilakukan pada saat menyelesaikan soal cerita sebesar 9,98%. Peserta didik dengan gaya belajar auditorial memiliki rata-rata persentase kesalahan dilakukan pada saat menyelesaikan soal cerita sebesar 11,66%. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik memiliki rata-rata persentase kesalahan dilakukan pada saat menyelesaikan soal cerita sebesar 9,52%. Dari ketiga jenis gaya belajar yaitu visual, auditorial, dan kinestetik, peserta didik dengan gaya belajar auditorial melakukan lebih banyak kesalahan pada saat proses menyelesaikan soal cerita dibandingkan gaya belajar visual dan kinestetik.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. (2006). Draf Final Kurikulum Satuan Pendidikan Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP dan MTs. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
De Porter, Bobby dkk. (2014). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Penerjemah Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.
De Porter, Bobby dkk. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Penterjrmah: AryNilandari. Bandung: Kaifa.
Halim, Abdul. (2012). “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat”. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, vol 9(2): 141-158.
Istiawan, Anggita Ari. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. Malang: Universitas Negeri Malang.
Raharjo, Marsudi dan Astuti Waluyati. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmi, dkk. (2017). Deskripsi Penyelesaian Soal Cerita Materi Pecahan Ditinjau dari Tahapan O’Neil SMP Kristen Kanaan Kubu Raya. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
White, Allan Leslie. (2010). “Numeracy, Literacyand Newman’s Error Analysis”. Journal of Science and Mathematics Education in South east Asia, Vol 33 No 2: halaman133.
Zahroh, U. & B. Assyar. (2014). “Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Bijektif”. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol 2 (1).

Downloads

Published

2020-08-28

How to Cite

Nisa’, I. K. (2020). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Newman’s Analysis Error (NEA) Ditinjau Dari Gaya Belajar. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 25–34. https://doi.org/10.30587/postulat.v1i1.1683

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.